Kenali Potensi Diri YASPENDRI Gelar CSM-CYOF

TANGERANG-Untuk mengenali potensi diri serta memanfaatkan keterampilan sendiri, Yayasan Pendidikan Mandiri 79 Kabupaten Tangerang (Yaspendri),  menggelar seminar Character Student Mandiri Create Your Own Future (CSM-CYOF) Tahun 2017, di Gedung Serba Guna (GSG) Komplek Puspemkab Tangerang-Tigaraksa, Senin (6/2).

Kegiatan tersebut  dilaksanakan selama 2 hari dengan tema “ Hadapi Masalahmu, Hayati Perjuanganmu dan Nikamti Hasilmu” diikuti sebanyak 350 pelajar SMK dari Yayasan SMK Mandiri Balaraja,  SMK 01 Panongan dan SMK 02 Balaraja, kemudian mendatangkan narasumber Fakar Ekonomi Nasional Happy Terenggono dan Teguh (Pege Bimbel) Jojga.

Disampaikan, Penanggungjawab Pelaksana Kegiatan, Andri, seminar CSM-CYOF dilaksanakan secara gratis tanpa dipungut biaya, pihaknya bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA), Kabupaten Tangerang. “Kita berharap dengan adanya para pelajar kelas XII mengikuti kegiatan ini, mereka mengenali potensi diri mereka, sehingga mereka mengetahui apa tujuan mereka, setelah lulus sekolah nanti.

“Ini kedua kalinya kita lakukan, tahun 2016 lalu juga kita gelar, setelah kita survey dampaknya cukup bagus kepada para pelajar, makanya kita buat lagi, jadi para pelajar tidak hanya fokus pada pelaksanaan Ujian Nasional, namun mereka rileks setelah mendapat pengetahuan pengembangan diri,” tuturnya.

Andri yang juga merupakan Staf dari Yaspendri 79 Kabupaten Tangerang, menjelaskan kalau kegiatan ini diikuti seluruh jurusan yang ada di sekolahnya,  tentu mereka memiliki ketrampilan dan potensi yang berbeda-beda.

“Itulah tugas kita supaya mereka percaya diri dengan potensi yang mereka miliki itu, kemudian mereka mengetahui kelemahan mereka, sehingga mereka pribadi yang berkrakter, hasilnya setelah tamat mereka para pelajar tidak kebingungan lagi,” bebernya kembali.

Masih di tempat yang sama, sejumlah peserta dari Yayasan SMK Mandiri Balaraja, yakni Muna,  Muslihah, Fitriani, Rusnaini, mengaku sangat senang mengikuti kegiatan tersebut, bahkan mereka sangat termotivasi serta bertambah semangat untuk mengembangkan bakat dan ketrampilan mereka.

“ Insya Allah senang, kak, karena kita bisa mengenali diri, kemudian apa tujuannya kita sekolah, kemudian apa yang harus kita lakukan setelah tamat SMK, terus terang saya mau melanjutkan kuliah, karena saya bercita-cita menjadi seorang pengusaha sukses,” jelas Muna.

Kemudian, peserta lainnya, Fitriani, mengaku ingin menjadi seorang sekretaris di sebuah perkantoran, tentu dengan ilmu yang didapat sewaktu SMK, masih belum cukup untuk menjadi seorang sekretaris yang profesional. “ Insya Allah saya akan lanjutkan kuliah nanti kak dengan bidang  keilmuan tentang sekretaris doakan ya kak, semoga berhasil,” pungkasnya kapada awak media.(Hen/Raj).