Ketika Konjen RI di Davao City, Filipina Kunjungi Pacquiao

Konsul Jenderal RI Davao City, Berlian Napitupulu, berkunjung ke kediaman juara WBO kelas welter Manny ‘Pacman’ Pacquiao. Mereka membicarakan kerja sama Indonesia-Filipina.

Kunjungan itu dilakukan di kediaman Pacquiao yang berlokasi di kota General Santos, sekitar 150 kilometer di selatan kota Davao, Filipina, Sabtu (4/2/2017).

Dalam pertemuan itu dibahas upaya-upaya meningkatkan hubungan bilateral, khususnya bidang perdagangan dan perhubungan laut antara General Santos City dan Glan dengan Manado. Juga rencana penyelenggaraan 10 kegiatan promosi dagang, kuliner, kebudayaan dan pariwisata di Davao City, General Santos, Alabel Sarangani, dan Glan.

Selain itu, kedua belah pihak berharap sebagian produk Indonesia di pasar Filipina masuk melalui negara ketiga. Juga rencana peluncuran jalur laut RoRo (Roll on-Roll off) Davao-Gensan-Bitung tahun ini.

Pacquiao juga diundang untuk menghadiri dan berpartisipasi pada 1st Indonesian Food and Beverages Expo di Davao City pada 17-19 Maret nanti.

Pacquiao yang seorang senator itu menyatakan sangat setuju bahwa Indonesia-Filipina sepakat untuk mendukung peningkatan kerjasama ekonomi dan perdagangan kedua negara. Dia menyetujui untuk mengadakan perhubungan laut antara pelabuhan Glan dan Manado serta menyiapkan sebuah kapal untuk menghubungkan dan memfasilitasi perdagangan antara Glan dan Manado. @OPIK