Ketua DPRD Dukung Pembukaan Gerai Pangan Banten

dukungSERANG – Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah mendukung pembukaan gerai pangan lokal Banten yang dilaksanakan Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) di dua tempat, yaitu di Supermall Karawaci Tangerang, dan Mall of Serang Kota Serang. Lantaran, pembukaan gerai pangan lokal dinyakini dapat meningkatkan konsumsi pangan lokal Banten.

“Apalagi tujuan dibukanya gerai pangan lokal Banten ini untuk mempersiapkan masyarakat atau pelaku usaha dalam meningkatkan daya saing produksi pangan lokal menjelang pelaksanaan masyarakat ekonomi Asean 2015, juga sebagai ajang promosi berbagai bahan pangan lokal. Jadi kami sangat mendukungnya,” kata Asep di Serang, kemarin.

Selain itu, gerai pangan lokal Banten merupakan implementasi dari Perpres Nomor 22 Tahun 2009, dan  Pergub Banten Nomor 9 Tahun 2010 tentang Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan. “Untuk meningkatkan konsumsi pangan lokal di Banten, kami berharap pembukaan gerai pangan lokal tidak hanya di dua Mall itu, juga di tempat keramaian yang lain di Banten agar masyarakat Banten dan luar daerah Provinsi Banten dapat mengenal aneka ragam pangan lokal Banten,” harapnya.

Secara resmi pembukaan gerai pangan lokal tersebut dilaunching oleh Plt Gubernur Banten, Rano Karno Sabtu (23/5/2015). Kepala BKPP Provinsi Banten, Agus M Tauhid mengatakan, sasaran dari penyelenggara gerai pangan lokal ini adalah Kelompok Wanita Tani (KWT), Gapoktan, Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM), Kelompok Lumbung Pangan Masyarakat, serta Kelompok Perintis. “Fasilitasi sewa gerai pangan lokal Banten dilakukan selama 1 tahun untuk tahap penumbuhan, jika berkembang akan diinvestasi untuk tahap selanjutnya sampai dengan tahap kemandirian sebagai lembaga usaha pangan masyarakat,” kata Agus.

Agus menambahkan, gerai pangan lokal dibuka di dua tempat itu dengan pertimbangan bahwa setiap hari pengunjung di tempat tersebut  sangat tinggi. “Tidak menutup kemungkinan gerai pangan lokal Banten juga dibuka di tempat yang lain seperti di perhotelan, karena Pemerintah Provinsi Banten menjalin kerjasama dengan pihak perhotelan, catering, retail – retail agar menyiapkan bahan baku dan menyediakan menu yang berbasis pangan lokal,” tutupnya. @