Komisi I Koordinasi dengan Polda Banten Terkait Kerjasama

koranbanten.com – Pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten, melakukan kunjungan kerja ke Mapolda Banten di Cipocok Jaya, Kota Serang, Senin (6/6/2016). Kunjungan kerja Komisi I tersebut dalam rangka koordinasi terkait kerjasama Pemerintah Daerah (Pemda) dengan Polda Banten dalam penegakan hukum.

Koordinator Komisi I DPRD Provinsi Banten, Nuraeni mengatakan, kerjasama Pemda dengan Polda Banten diperlukan, baik dalam penegakan hukum maupun yang lain. “Karena itu tujuan Komisi I melakukan kunjungan kerja ke Polda Banten ini, dalam rangka koordinasi terkait kerjasama dalam penegakan hukum di daerah Provinsi Banten,”kata Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten ini.

Menanggapi hal itu, Kapolda Banten, Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan, Polda Banten dilihat dari wilayah hukum baru sampai ke Kabupaten Tangerang. “Bupati Tangerang (Ahmed Zaki Iskandar) sudah mendorong agar 7 Polsek yang masih dibawah hukum Polda Metro Jaya supaya masuk ke wilayah hukum Polda Banten, untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi,”kata Dofiri.

Menurut Dofiri, sejatinya semua Polres dan Polsek yang ada di Provinsi Banten masuk wilayah hukum Polda Banten, kecuali Bandara Internasional Soekarno-Hatta karena sering kedatangan tamu Kepresidenan dan yang melakukan pengawalan adalah Polda Metro Jaya. “Untuk pengamanan tamu Kepresidenan, Polda Metro Jaya lah yang mudah berkoordinasi. Kami mendukung apa yang diharapkan Pemda,”ujarnya.

Mengenai sumber daya alam sering terjadi konflik, salah satunya pembangunan pabrik minuman kemasan yang dilakukan anak perusahaan PT Mayora di Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang. “Iklim investasi selalu didukung, keberadaan Polri dilihat dari tupoksinya melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat. Haya saja untuk penegakan hukum alurnya berbeda, ada aturan main sendiri, tidak boleh mengintervensi dan tidak boleh juga mau diintervensi,”tegasnya.

Usai mendengarkan penjelasan dari Dofiri, Nuraeni mengaku akan menindaklanjuti hasil kunjungan kerja Komisi I tersebut dengan SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten.”Kami ucapkan terima kasih atas penerimaan kunjungan kerja Komisi I DPRD Provinsi Banten ini,” ucapnya. (hms)