Komisi I Koordinasi Persiapan Pilkada Serentak dengan KPU Pusat

kpuJAKARTA – Komisi I DPRD Provinsi Banten, melakukan kunjungan kerja ke Kantor KPU RI di Jakarta, Rabu (18/6/2015). Mereka diterima Kepala Bagian Teknis Sekretariat KPU RI, Nursyafaat, Staf Pelaksana Sekretariat KPU RI, Nursahid Agung, dan Rahmat Ikhsan.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Banten, Zaid Elhabib mengatakan, kunjungan kerja Komisi I ke KPU RI dalam rangka koordinasi dan kunsultasi terkait dengan Pilkada serentak tahun 2015. “Kami ingin mengetahui koordinasi yang dilakukan KPU RI dengan KPU Daerah Kabupaten/Kota dalam persiapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015 ini,” kata Zaid mengawali pembicarannya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bagian Teknis Sekretariat KPU RI, Nursyafaat mengatakan, Pilkada serentak di 260 Daerah Kabupaten/Kota sudah siap dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2015. “KPU juga sudah siap melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di 9 Provinsi di Indonesia. Total daerah yang akan melaksanakan Pilkada serentak tahun 2015 ini sebanyak 269 daerah,” kata Nursyafaat.

Dari 269 tersebut, lanjut Nursyafaat, berbagai persiapan tahapan Pilkada sudah dilaksanakan oleh masing-masing KPU Daerah Kabupaten/Kota, termasuk di dalamnya KPU Daerah Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan. “Pada tanggal 15 Juni 2015, KPU Daerah Kabupaten/Kota, dan Provinsi sudah melaksanakan tahapan penyerahan berkas dukungan bakal calon kepala daerah perseorangan,” ujarnya.

Mengenai anggaran Pilkada serentak, masing-masing daerah sudah mempersiapkan anggarannya. “Termasuk Anggaran Pilkada serentak di Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan sudah dipersiapkan. Kami berharap pelaksanaan Pilkada serentak berjalan dengan lancar, tertib, aman dan demokratis, karena koordinasi yang dilakukan KPU pusat dengan daerah terus dilaksanakan secara terus menerus,” terangnya.

Usai mendengarkan penyampaian dari Nusyafaat, Zaid Elhabib menyambut baik dan mengaku akan menindaklanjuti hasil kunjungan tersebut dengan SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. “Kami ucapkan terima kasih karena KPU sudah bersedia memberikan keterangan terkait persiapan Pilkada serentak, dan kami juga berharap pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kota Tangerang Selatan berjalan dengan lancar, aman dan demokratis,” harapnya.  @