Komisi I Studi Komparasi ke Provinsi Kalimantan Selatan

banjarBANJARMASIN – Komisi I DPRD Provinsi Banten, melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di Kota Banjarmasin, Senin (15/6/2015). Mereka diterima Staf Ahli Gubernur Kalimantan Selatan Bidang Pemerintahan, Haris Makkie, dan Perwakilan KPU Provinsi Kalimantan Selatan Nur Kholis Madjid.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Banten, Ade Yuliasih mengatakan, kunjungan kerja Komisi I ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dalam rangka studi komparasi terkait Persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Provinsi Kalimantan Selatan. “Kami ingin mengetahui persiapan Pilkada yang sudah dan akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, karena di Provinsi Banten juga ada empat Kabupaten/Kota  akan melaksanakan Pilkada,” kata pimpinan rombongan ini mengawali pembicarannya.

Menanggapi hal itu, Staf Ahli Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan Bidang Pemerintahan, Haris Makkie mengatakan, persiapan Pilkada di Provinsi Kalimantan Selatan sepenuhnya dilaksanakan KPU Provinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sifatnya membantu. “Kebetulan kami mengundang perwakilan dari KPU Provinsi Kalimantan Selatan, jadi kami persilahkan kepada perwakilan KPU untuk menjelaskan persiapan Pilkada di Provinsi Kalimantan Selatan,” kata Haris.

Perwakilan KPU Provinsi Kalimantan Selatan, Nur Kholis Madjid menjelaskan, di Provinsi Kalimantan Selatan tidak hanya melaksanakan Pilkada di tujuh Kabupaten/Kota, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu (Tanbu), dan Kabupaten Kotabaru. Juga Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun  2015 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur/Wakil  Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, dan Walikota/Wakil Walikota.

“Berdasarkan Rapat  Pleno KPU Provinsi Kalimantan Selatan tanggal 22 April Tahun 2015, Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Kalimantan Selatan pada Rabu tanggal 9 Desember 2015. Sedangkan untuk Pilkada di tujuh Kabupaten/Kota dilaksanakan Agustus 2015. Kami berharap Pelaksanaannya berjalan dengan lancar, aman, sukses, dan demokratis karena berbagai persiapan sudah dilakukan, termasuk dengan alokasi anggarannya,” jelasnya.

Usai mendengarkan penjelasan dari Nur Kholis, Ade Yuliasih mengucapkan terima kasih dan mendoakan pelaksanaan Pilkada Kabupaten/Kota, dan Pilgub Provinsi Kalimantan Selatan berjalan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. “Juga berjalan dengan lancar, dan demokratis hingga menghasilkan pemimpin sesuai dengan harapan masyarakat. Dan hasil kunjungan ini kami akan tindak lanjuti dengan SKPD terkait di Provinsi Banten,” tutupnya. @