Komisi II Kunjungi PT Angels Product di Serang

angelsSERANG – Komisi II DPRD Provinsi Banten, melakukan kunjungan kerja ke PT Angels Product di Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang, Selasa (23/6/2015). Mereka diterima Factory Manager PT Angels Product, Teuku Banta Seudang, dan HRD PT Angels Product, Aries Firmansyah.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten, Imannudin Sudirman Karis mengatakan, kegiatan kunjungan kerja Komisi II ini dalam rangka pengawasan peredaran gula rafinasi di Wilayah Provinsi Banten. “PT Angels Product merupakan perusahaan yang memproduksi gula rafinasi atau gula batu kristal, jadi kami ingin mengetahui proses produksi dan pemasarannya,” kata Imannudin mengawali pembicarannya.

Dalam kesempatan yang sama, Komisi II menanyakan koordinasi pihak perusahaan tersebut dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Serang, dan Pemerintah Provinsi Banten, terutama terkait CSR berupa beasiswa bagi anak-anak sekolah dari keluarga tidak mampu. “Kami juga ingin tahu peran pengusaha lokal dalam produksi gula rafinasi di PT Angels Product,” ujar Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Banten, Ratu Ella N Syatibi menambahkan.

Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Banten, Saukatudin juga menanyakan kepastian keamanan bahan baku produksi gula rafinasi di PT Angels Product, lantaran hingga saat ini masih diimpor dari luar negeri. “Karena itu, kami ingin tahu kepastian keamanan bahan baku yang digunakan dalam memproduksi gula rafinasinya,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, HRD PT Angels Product, Aries Firmansyah mengatakan, dalam memproduksi gula rafinasi, PT Angels Product mempekerjakan sebanyak 453 orang pekerja. Sedangkan untuk pemasaran produksinya didistribusikan ke perusahaan industri di wilayah Provinsi Banten. “Gula rafinasi yang kami produksi tidak didistribusikan ke pasar-pasar, melainkan khusus untuk perusahaan industri di wilayah Banten. Dan bahan baku yang kami gunakan cukup aman,” kata Aries.

Mengenai CSR, Aries menjelaskan, bahwa sejauh ini PT Angels Product baru menyalurkan CSR sebesar 2 persen kepada masyarakat sekitar. “Pada hari raya Idul Fitri kami memberikan bantuan sebanyak 170 ton gula kepada masyarakat, dan pada hari raya Idul Adha kami memberikan 15-20 ekor kerbau dan sejumlah kambing. Untuk bantuan sosial lain, kami belum memberikan,” ucapnya.

Usai mendengarkan penjelasan dari Aries, Imannudin menyambut baik upaya yang sudah dilakukan PT Angels Product. “Kami mengucapkan banyak terima kasih karena sudah bersedia menerima kunjungan kerja Komisi II, kami berharap pihak perusahaan tetap memperhatikan ketentuan pemerintah, karena gula rafinasi yang diproduksinya bukan untuk dijual bebas di pasar tradisional maupun modern melainkan untuk kebutuhan industri,” harapnya mengakhiri pembicaran.