Kreatifitas Orang Indonesia dalam Menggunakan Facebook

Koranbanten.com – Facebook merupakan sosial media terbesar dengan pengguna terbanyak di dunia dan milyaran orang dapat terhubung setiap harinya. Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan jumlah penguna Facebook yang sangat banyak. Dari berbagai negara yang warganya menggunakan Facebook, orang-orang Indonesia lah yang memiliki karakter unik dalam menggunakan akun Facebook mereka.

Head Executive Product Facebook, Chris Cox mengungkapkan bahwa pengguna Facebook yang dari negara Indonesia menggunakan layanan Facebook dengan cara yang unik dan kreatif. Jika di negara lain, orang-orang menggunakan grup yang ada di Facebook untuk sekedar basa-basi dan bertegur sapa, maka berbeda dengan di Indonesia yang menggunakan layanan Grup di Facebook dengan cara yang unik.

Saat berbicara pada WSJD Live Wall Street Journal, Cox mengatakan bahwa pengguna Facebook di Indonesia menggunakan Grup sebagai sarana jual beli, mulai dari perlengkapan bayi hingga suku cadang otomotif dapat ditemukan pada Grup yang dibuat oleh pengguna Facebook di Indonesia. Cox sendiri mengatakan hal ini seperti “Like Craigslist” yang ada di Indonesia.

Pihak Facebook pun juga telah menyaradi fenomena ini dan pihak Facebook kini tengah berusahan menghadirkan sesuatu yang dapat memudahkan pengguna Facebook untuk tujuan komersial, “Ketika kami melihat perilaku muncul seperti ini, itu hampir selalu menunjukkan sesuatu kepada kami bahwa kita bisa berbuat lebih baik, dengan menghadirkan layanan yang lebih memudahkan mereka,” kata Cox.

Meskpun Cox tidak mengungkapkanya secara langsung, namun perilaku ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh inisiatif e-commerce belakangan ini, seperti Pages yang telah diperbarui dan kabarnya Facebook bakal segera meluncurkan sebuah fitur baru yang bernama “Shoping” dimana akan memunculkan suatu item yang relevan dengan penjual yang berbeda-beda pada suatu tempat.

Facebook e-commerce sendiri merupakan kesempatan besar bagi Facebook terutama untuk pengguna di Indonesia, karena tingkat jual beli melalui sosial media ini kian meningkat. Dengan menghadirkan layanan e-commerce yang lebih baik, Facebook kini tidak hanya digunakan untuk saling bertegur sapa atau berbagi foto, namun juga dapat digunakan untuk kegiatan niaga.

“Contoh di Indonesia ini adalah perilaku yang paling menarik yang pernah terjadi di dalam sejarah perdagangan di Facebook,” ujar Cox. “Orang-orang di Indonesia benar-benar berhubungan dengan satu sama lain untuk bertukar hal, hal ini sangat menarik.” tambahnya.(Media Sucahya)