Kulit Gatal Pertanda Seseorang Mengalami Stres?

KORANBANTEN.com – Pernah merasakan sakit kepala tanpa sebab yang jelas? Sementara Anda dihantui pekerjaan yang menumpuk di kantor dan segelintir permasalahan lainnya. Mungkin Anda memiliki gejala stres.

Sebenarnya gejala stres bukan hanya sakit kepala saja, tetapi ada gejala kecil lainnya yang timbul, disadur dari Thehealthsite, Rabu (21/12/2016).

Gusi berdarah

Menurut penelitian dalam Industrial Psychiatry Journal, stres menyebabkan penyakit periodontal, seperti gusi berdarah. Stres juga dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh dan memungkinkan bakteri menyerang gusi.

Kulit gatal

Studi lain yang dipublikasikan dalam jurnal Inflammation and Energy Drug Targets mengatakan, gejala kronis yang menekan stres, menyebabkan eksim dan dermatitis. Salah satu gejala yang timbul adalah kulit gatal.

Sakit perut

Menurut studi Mental Health in Family Medicine, stres dan kecemasan menyebabkan seseorang sakit perut, sakit kepala, dan insomnia. Namun, bila Anda memiliki sakit perut yang konstan tak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Siapa tahu Anda memiliki intoleransi laktosa.

Rahang nyeri

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Orofacial Pain Journal menyebutkan, rahang yang sakit merupakan hasil dari kertak gigi saat tidur. Biasanya, orang yang menggertakan gigi kala terlelap tengah mengalami hari yang berat dan stres. @DF