Lima Pipa Saluran Air Dibangun di T3 Ultimate Bandara Soetta

KORANBANTEN.com – Bandara Soekarno Hatta masih merampungkan pembenahan saluran air di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno Hatta untuk mencegah terjadinya banjir. Lima pipa pembuangan kini tengah dibangun untuk menyodet bak penampungan air di terminal.

“Rencananya akan dibangun lima pipa saluran pembuangan. Sekarang masih pembangunan pipa pertama, ” kata Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi pada Senin (22/8).

Menurut Agus, pembangunan pipa pertama sekarang sudah dalam tahap memotong jalan area kedatangan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta. “Sabtu atau Minggu ini kami targetkan selesai. Nanti sisanya menyusul,” kata Agus.

Agus mengatakan, lima pipa tersebut nantinya akan mengalirkan air ke kali di depan Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, sebelum akhirnya terbuang ke dua danau bandara di depan Jalur Perimeter Selatan dan Jalur Perimeter Utara.

“Kalau disodet langsung ke danau, terlalu jauh. Akhirnya disodet ke kali terdekat depan terminal, ” katanya.

Agus menambahkan, penyebab banjir pada Senin (15/8) lalu ternyata juga disebabkan oleh penyumbatan di bak kontrol penampungan.

“Rupanya ada tripek yang ditinggalkan di bak, sehingga air tidak bisa masuk sepenuhnya ke bak. Akibatnya, air yang masuk dalam tekanan tinggi akhirnya berbalik ke permukaan, dan mencari titik paling lemah untuk menerobos keluar, ” kata Agus. @DF