Makam Sultan Maulana Hasanudin Padat Peziarah

SERANG – Ribuan peziarah dari berbagai daerah memadati kawasan Banten Lama untuk berziarah ke makam Sultan Maulana Hasanudin. Minggu (12/3/2017) Para peziarah memadati kawasan BantenLama sejak pagi hingga sore hari.

Mereka yang datang ke tempat itu, tidak hanya dari pelosok wilayah Provinsi Banten, Mereka, selain berziarah ke makam Sultan Hasanudin. Selain itu juga peziarah naik menara Masjid Agung Banten Lama dengan ketinggian sekitar 100 meter. Mereka para peziarah itu datang bersama rombongan dan anggota keluarga dengan menggunakan berbagai angkutan.

Ida Fitrida (29), warga Cilegon, mengaku hampir secara rutin, setelah mendatangi kawasan Banten Lama untuk berziarah ke komplek makam Sultan Maulana Hasanudin sebagai penyebar agama Islam di Tanah Air. “Kami merasa tenang dan nyaman jika berziarah ke makam Sultan Hasanudin yang berlokasi di kawasan Banten Lama, “kata ida.

Salah satu rombongan peziarah mengaku datang ke tempat tersebut bersama anggota keluarga untuk berziarah ke makam Sultan Maulana Hasanuddin. Ziarah ke Banten Lama, akunya merupakan tradisi yang sudah lama dilakukannya bersama keluarga.

“Saya asli Banten, namun tinggal di Cilegon. Jadi, melakukan ziarah sudah menjadi tradisi keluarga,” ujarnya.

Menurut sejarah bangunan Masjid Agung berusia ratusan tahun didirikan oleh Sultan Maulana Hasanuddin. Saat ini, bangunan Masjid Banten Lama, termasuk menara masih kuat dan kokoh. Sultan Maulana Hasanudin adalah putra Sunan Gunung Jati dan makamnya hingga saat ini selalu ramai dikunjungi para peziarah, (Madsari/Red)