Masyarakat Antusias Meriahkan HUT TNI ke-70

Koranbanten.com – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-70 digelar di Dermaga Indah, Merak, Cilegon, Senin (5/10). Pada Peringatan HUT TNI Tingkat Nasional kali ini hadir selaku Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo, dengan komandan upacara Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi.

“Atas nama negara, pemerintah dan pribadi, saya menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun kepada segenap anggota dan keluarga besar Tentara Nasional Indonesia dimana pun saudara berada dan bertugas,” sapa Jokowi dalam sambutannya.

Presiden berharap TNI dapat menggunakan momentum HUT TNI ke-70 untuk kembali pada jati dirinya, yaitu tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional. Presiden juga mengatakan bahwa sejarah mencatat TNI dilahirkan dari rahim rakyat.

“Panglima Besar Jenderal Soedirman menyatakan bahwa hubungan TNI dan rakyat adalah ibarat ikan dan air, ikan tidak akan hidup tanpa air, rakyatlah yang mengandung, merawat, dan membesarkan TNI,” tambahnya.

Pada kesempatan kali ini masyarakat juga diberi kesempatan ambil bagian memeriahkan Peringatan HUT TNI ke-70 tahun, dengan menaiki rombongan Kendaraan Alutsista yang diiringi dengan lambaian tangan kepada Presiden dan tamu undangan.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Gubernur Banten Rano Karno, Mantan Wakil Presiden Purnawirawan TNI Tri Soetrisno, serta sejumlah tokoh nasional dan tamu undangan mancanegara.