Membangun Politik Lokal Menuju Keberagaman Bangsa

Koranbanten.com – Indonesia memiliki kelompok etnis kurang lebih 300, dari dialek yang tumbuh di Indonesia. Demikian di sampaikan Amarudin Sueb, Akademisi Universitas Sultan agung Tirtayasa (Untirta) pada acara  Peningkatan Wawasan Kebangsaan dalam Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Tahun 2016 yang di selenggarakan oleh Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang di Gedung Serba Guna (GSG) komplek Perkantoran Tigaraksa, Senin (28/11).

Amarudin Sueb menambahkan, untuk memahami hakekat Kebangsaan ada beberapa hal yang harus di taati antara lain, keinginan untuk hidup bersama, adanya hasrat untuk bersatu.

“Untuk dapat bersatu di perlukan politik Lokal yang bersama-sama, membangun keberagaman Bangsa, namun politik lokal yang ada sekarang masih berbeda karena masyarakat tumbuh dengan keinginannya sendiri-sendiri,” ujar Sueb

Ditambahkan Sueb, yang menjadi karakteristik bangsa Indonesia adalah kesamaan keturunan, wilayah, bahasa, adat istiadat, kesamaan politik, persamaan nasib dan agama.(Kie).