Mengetahui Gejala Dehidrasi

dehidrasiDEHIDRASI merupakan salah satu tanda fatal yang menunjukkan bahwa Anda kekurangan asupan cairan. Banyak sekali tanda dehidrasi yang harus benar-benar Anda waspadai.

Berikut ini penjelasan tanda-tanda dehidrasi seperti yang diutarakan Ahli Gizi Klinis dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr Sri Sukmaniah MSc, SpKG, di Jakarta, belum lama ini.

Pertama, jika kita kehilangan satu sampai dua persen cairan air putih, tubuh kita akan merasakan haus yang kuat, kehilangan citarasa dan perasaan tidak nyaman.

Kedua, jika kita kehilangan tiga sampai lima persen cairan air putih, mulut kita terasa kering, pengeluaran urin berkurang, konsentrasi hilang, kulit terasa panas, tubuh gemetar, tidak sabar, mengantuk, muntah dan emosi tidak stabil.

Ketiga, jika kita kehilangan enam sampai delapan persen cairan air putih, tubuh kita akan mengalami peningkatan suhu tubuh, denyut jantung, pernapasan, pusing, sesak napas, otot lemah hingga bibir membiru.

Keempat, jika kita kehilangan sembilan sampai 11 persen cairan air putih, kita bisa kejang, halusinasi, lidah bengkak, keseimbangan lemah, gagal ginjal dan volume tekanan darah menurun.

sumber : okezone.com