Menjadi Vegetarian Berdampak Buruk Bagi Gigi

vegetaPara ahli telah mengungkapkan, diet yang kaya akan daging dan produk susu dapat meningkatkan kesehatan gigi. Sebuah zat asam amino yang umum ditemukan secara alami dalam makanan tertentu telah terbukti dapat memecah plak yang menempel pada gigi. Para peneliti di University of Michigan dan Newcastle University percaya penemuan mereka dapat membantu jutaan orang menghindari gigi berlubang dan penyakit gusi.

Mereka menemukan L–arginin yang berlimpah dalam daging merah, unggas, ikan dan produk susu yang mampu menghentikan pembentukan plak gigi. Substansi ini sudah ditambahkan ke produk kesehatan gigi untuk membantu mengobati gigi yang sensitif.

Alexander Rickard , asisten profesor epidemiologiy di University of Michigan, mengatakan hal ini penting karena bakteri ingin agregat pada permukaan untuk membentuk biofilm.  Plak gigi adalah biofilm. Biofilm menghitung selama lebih dari 50 persen dari semua infeksi di rumah sakit. Biofilm plak gigi berkontribusi pada miliaran dolar yang dikucurkan tiap tahun dari perawatan gigi. Rekannya, Dr Nick Jakubovics, di Newcastle University, mengatakan penelitian ini mengungkapkan L-arginin dapat mengganggu pembentukan plak gigi.

L-arginin saat ini sedang dimanfaatkan untuk formulasi pasta gigi tertentu seperti yang diduga berguna untuk melindungi gigi yang hipersensitif. “Pekerjaan kami menunjukkan bahwa konsentrasi yang sama dari L-arginin berpotensi dapat mengontrol plak gigi dan mungkin bermanfaat dalam melindungi mulut dari penyakit gusi.”

L-arginin cukup terjangkau dan mudah untuk ditambahkan di dalam pasta gigi atau obat kumur  Saat ini, sekitar 10 sampai 15 persen orang dewasa di dunia Barat telah menunjukan peningkatan atas angka warganya yang terkena penyakit gusi bahkan sampai pada dampak yang mengerikan yaitu gigi bisa saja lepas.