Menteri Susi Ajak Santri Gemar Membaca Buku

KORANBANTEN.com – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti bertemu dengan ribuan santri di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Mereka menggelar makan ikan bersama di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur, Jumat (17/11/2016).

Tak hanya mengkampanyekan gemar makan ikan (Gemarikan) kepada para santri, Menteri Susi juga mengajak santri untuk giat belajar dan gemar membaca. Sebab, membaca merupakan kunci untuk meraih keberhasilan.

“Santri harus gemar membaca agar bisa sukses,” kata Menteri Susi kepada ribuan santri di parkir kawasan Makam Gus Dur, Jumat (18/11/2016).

Selain itu, Susi yang juga Menteri Kelautan dan Perikanan wanita pertama ini, meminta agar para santri tidak mencontohnya karena hanya lulus SMA saja. Ia meminta kepada seluruh santri untuk bisa melanjutkan pendidikan hingga perguran tinggi.

“Jangan contoh ibu karena tidak lulus SMA, tapi contohlah ibu yang gemar membaca. Ibu bisa jadi menteri karena gemar membaca dan makan ikan,” tambah Susi.

Dihadapan ribuan santri Menteri Susi menceritakan mengapa ia memilih tidak melanjutkan pendidikan kala itu. Menteri perempuan yang terkenal nyentrik ini mengaku tidak sepakat dengan sistem pendidikan yang ada pada saat itu.

“Saya ingin belajar dengan cara saya sendiri. Saya ikuti kata hati, tapi bukan berarti berhenti belajar. Saya menjadi gemar membaca buku apapun. Itulah kunci sukses saya,” terangnya.

Maka itu, dia meminta kepada para santri untuk belajar dan terus belajar, serta meningkatkan minat dalam membaca. Sehingga kelak akan berguna bagi bangsa dan negara juga agama. @DF