Pakai Kemangi, Dokter Berhasil Keluarkan Ulat dari Mata Remaja Ini

ulatSeorang remaja pria yang namanya dirahasiakan dari Peru selama hampir sebulan mengeluh karena mata sebelah kirinya bengkak tanpa sebab. Setelah diperiksa dokter terkejut karena ternyata ada larva serangga yang tinggal di dalam matanya.

Awalnya dokter dari Children’s Hospital di Lima mengira bahwa apa yang dialami oleh pasien hanya peradangan biasa dan memberikan obat untuk itu. Namun setelah tak ada tanda membaik baru lah mereka melakukan pemindaian untuk menemukan penyebab pastinya.

Spesialis mata Carolina Marchena mengatakan larva tersebut ditemukan di dalam mata dekat bagian wajah yang sensitif karena bisa menyebarkan infeksi ke otak. Beruntung karena cepat diketahui ia bisa diangkat sebelum membahayakan pasien.

“Lokasi ulatnya berada di kelopak mata bawah yang semakin bengkak semakin menambah risiko. Area itu dekat dengan sinus,” kata Marchena .
Upaya pengangkatan dilakukan tanpa operasi dan hanya dengan menggunakan daun kemangi dan pencapit kecil.

“Karena mencium bau kemangi, si cacing ini keluar dari mata dan saat itu kita pakai capit. Karena ukurannya yang cukup besar dia cuma bisa mengeluarkan sedikit kepalanya,” ujar Marchena.

Ketika dikeluarkan ulat tersebut terlihat berukuran setidaknya 3 sentimeter. Dokter meyakini bahwa hewan ini adalah larva dari spesies nyamuk Dermatobia hominis yang menaruh telurnya pada mata pasien.

Pasien dilaporkan tak alami kerusakan permanen dan akan pulih total dalam waktu dekat.

“Kami senang bisa melakukan hal ini karena belum pernah terdengar sebelumnya orang bisa mengeluarkan ulat ini tanpa operasi,” pungkas Marchena.

sumber : detik.com