Pancasila Sedang Dirongrong

Pancasila sebagai dasar negara saat ini dalam rongrongan. Semua sila dalam Pancasila sedang dalam hantaman pihak-pihak yang mencoba mengubah ideologi negara.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang, Ahmad Hidayat saat menjadi pemateri dalam diskusi kebangsaan yang diselenggarakan Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Tangerang di Islamic Center, Citra Raya, Kecamatan Panongan, Rabu (26/4/17).

Dalam pemaparannya, Hidayat menyoroti mulai lunturnya nilai-nilai kebangsaan, terutama yang tertuang dalam Pancasila. Dia mengatakan, sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa saat ini sedang diganggu gugat pihak tertentu yang mempersoalkan filosofi akidah kenegaraan.

“Sila kedua juga demikian. Keadilan dan keberadaban dalam goncangan. Apalagi sila ketiga yaitu Persatuan Indonesia, saat ini banyak pihak yang mengoyak-ngoyak Persatuan Indonesia dengan berbagai macam cara dan ideologi,” ujarnya.

Sila keempat, lanjutnya, permusyawaratan hanya sebatas formalitas. Sebab, hampir semua orang justru memaksakan kehendaknya. Pada ujungnya, kata dia, sila kelima yaitu Keadilan Sosial menjadi makin sulit dicapai saat sesama anak bangsa sibuk berkonflik. @Mor