Pandeglang Dilirik Investor dari Korea Selatan

KORANBANTEN.com – Kabupaten Pandeglang mendapat perhatian dari investor asal Korea Selatan (Korsel). Rencananya, sejumlah investor itu menanamkan modalnya ke Pandeglang dengan alasan lokasi Pandeglang sangat strategis. Selain jaraknya dekat dengan DKI Jakarta, juga banyak potensi.

Dalam pertemuan dengan para calon investor, Sabtu (29/10) lalu, Bupati Irna Narulita mengingatkan agar setiap investor mengurus izin sebelum mendirikan usaha.

Irna mengaku, keberadaan investor di Pandeglang memiliki peran penting dalam memajukan perekonomian daerah. Untuk itu, kata dia, harus ada komitmen antara kedua pihak agar saling menguntungkan. “Siapa pun Investor yang datang ke sini (Pandeglang-red) baik pihak asing maupun lokal, harus bisa memberikan dampak positif bagi Pemkab seperti pertumbuhan ekonomi. Termasuk harus bisa mempekerjakan masyarakat Pandeglang. Tujuannya untuk mengurangi jumlah pengangguran,” kata Irna di gedung Garuda, Pendopo Bupati.

Irna berharap, semua kesempatan masyarakat untuk bekerja harus selalu dibuka. Sekalipun berkaitan dengan pekerjaan ahli. “Untuk tenaga ahli mungkin harus dari luar, tapi bukan berarti masyarakat Pandeglang tidak punya, meski harus diseleksi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Kabupaten Pandeglang Olis Solihin mengaku, bakal melakukan pengawasan dan terus berkoordinasi dengan semua pihak untuk mengawasi semua investor yang masuk dan melakukan permohonan izin usaha di Pandeglang, “Siapa pun yang ingin berinvestasi di Pandeglang wajib mengajukan perizinan terlebih dahulu. Bila sudah terdaftar, akan mendapat payung hukum dan para investor nyaman,” katanya.

Olis meyakinkan, banyaknya jumlah investor yang menanamkan modal di Pandeglang bisa berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan asli daerah (PAD). Oleh karenanya, bagi semua investor sebaiknya bisa bekerja sama dengan baik demi kebaikan bersama. “Hal ini tentunya berdampak positif bagi kita (Pemkab Pandeglang-red) karena pendapatan kita bisa bertambah, dan pengangguran pun akan berkurang,” ujarnya.

Sementara itu, Mr Wang penerjemah bahasa dan juru bicara investor Korsel mengatakan, dipilihnya Pandeglang sebagai tempat berinvestasi lantaran beberapa hal. Seperti dekat dengan DKI Jakarta dan mempunyai sumber daya alam (SDA) yang bagus. “Mereka (tiga orang investor-red) berasal dari Korea Selatan. Mereka masing-masing sudah mempunyai perusahaan yang berbeda dan ingin mengembangkannya di Pandeglang. Salah satunya, perusahaan bio solar,” katanya.

Ketertarikan para investor itu, lanjutnya, lantaran adanya rencana pemerintah pusat yang bakal membangun tol menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung. “Dengan akan berdirinya tol, bandara, pelabuhan, dan lainnya, tentu sangat terlihat baik untuk kami (para investor-red). Harapan kami, ke depannya adalah agar pihak terkait terus mendampingi kami dan memberikan arahan dan masukan untuk kami,” ungkapnya. @DF