Pelatihan Pertolongan Pertama, Membangun Keterampilan Anggota

Koranbanten.com – Pertolongan pertama adalah pertolongan segera kepada orang sakit atau cidera yang membutuhkan penanganan media dasar.

Demikian dikatakan Ketua Pelaksana kegiatan pelatihan pertolongan pertama Arianda Pranata, saat memberikan sambutan pada acara Pelatihan pertolongan pertama, yang digelar Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kepalangmerahan (KPM) Universitas Islam Negeri (UIN) SMH Banten di UIN SMH Banten beberapa waktu yang lalu. Kegiatan dilanjutkan di Villa Kaong, Cipocok Jaya.

Kegiatan ini diikuti 31 peserta. Dengan mendatangkan langsung pemateri dari PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Serang. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini, mengambil tema “Belajar Bersama Membangun Relawan yang Terampil”.

“Kegiatan ini adalah awal mula dari semua kegiatan internal yang tersedia di UKM KPM sebagai adaptasi para anggota sebelum mereka mengenal lebih jauh seputar dunia kepalangmerahan,” Arianda.

Arianda menambahkan, melalui kegiatan yang digelar, diharapkan para peserta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat.

Lebih jauh Arianda mengungkapkan, kegiatan pelatihan pertolongan pertama ini merupakan program kerja bidang diklat yang diprioritaskan untuk anggota KPM dan diikuti oleh pengurus KPM.

Sementara itu, salah satu peserta, Rohmawati berharap, kegiatan yang dilaksanakn, dapat memberikan manfaat bagi anggota UKM kepalang merahan. “Menjadi seorang relawan harus memiliki skill yang mumpuni, khususnya jika itu berkenaan dengan proses evakuasi dan penyelamatan korban. Mudah-mudahan ini bisa menambah wawasan dan keterampilan bagi kita semua,” tutur wanita yang berdomisili di Padarincang ini. (kie).