Pemkab Minta Pemprov Bantu Pemenuhan Sarana Kesehatan

KORANBANTEN.com – Pemerintah Kabupaten Pandeglang meminta pemerintah Provinsi Banten membantu pemenuhan sarana dan prasarana kesehatan baik dasar maupun lanjutan.
“Sarana dan prasarana kesehatan kita masih kurang, maka saya meminta pemprov membantu untuk memenuhi atau melengkapinya,” kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Kamis.
Masalah itu, kata dia, sudah disampaikan pada rapat koordinasi penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Provinsi Banten 2017-2022 di Serang.
Pemenuhan sarana dan prasarana kesehatan dasar dan lanjutan perlu segera dilakukan guna mendukung upaya Pemkab Pandeglang meningkatkan angka harapan hidup.
“Selain itu, kita juga sedang berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, dan ini harus didukung oleh tenaga medis, sarana serta prasarana memadai,” ujarnya.
“Kita sudah sedang berupaya mencukupi kekurangan tenaga dokter, dengan mengusulkan bantuan kepada Kementerian Kesehatan,” ujarnya.
Kepala Dinas Kesehatan Pandeglang Indah Dinarsiani menyatakan jumlah Puskesmas Rawat Inap di daerah itu sembilan unit, yakni di Kecamatan Saketi, Labuan, Cibaliung, Bojong, Cikeusik, Menes, Munjul, Panimbang, dan Cadasari.
“Dari hasil kajian untuk  Puskesmas Rawat Inap dianggap cukup. Soalnya tugasnya hanya untuk pelayanan dasar saja dan perlu banyak rawat inap,” ujarnya.
Ia menerangkan, untuk penambahan Puskesmas Rawat Inap kurang efektif. Hal yang jadi fokus adalah penambahan tenaga medis seperti dokter untuk memaksimalkan layanan kesehatan di puskesmas yang tersebar di seluruh kecamatan.
“Kita masih kekurangan dokter, dan kami terus mengajukan pengajuan mudah-mudahan bisa dipenuhi oleh Kementerian Kesehatan melalui penembangan dokter tidak tetap,” ujarnya. @DF