Pemkab Serang Terintegrasi Simral

KORANBANTEN.com – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah membuka Forum Gabungan Perangkat Daerah Penyusunan RKPD Kabupaten Serang di Aula TB Suwandi Bappeda, Senin (06/03). Acara tersebut digelar dalam rangka mensinergikan Program Pembangunan Kabupaten Serang Tahun 2018.

“Forum Gabungan Perangkat Daerah (FGPD) merupakan arena strategis dalam menentukan prioritas pembangunan sektoral, terutama bagi perangkat daerah yang paling terkait dengan pelayanan publik,” ujar Tatu.

Tatu menjelaskan, Forum Gabungan Perangkat Daerah ini merupakan persiapan Musrenbang Kabupaten Serang. “Dengan menggunakan pendekatan perencanaan partisipatif yang berasal dari hasil Musrenbang Kecamatan dan dikembangkan perangkat daerah berdasarkan kebijakan dan program prioritas daerah,” ujar Tatu.

Tatu mengatakan tahun Ini pemkab serang bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sudah menggunakan simral dimana simral itu sendiri mencakup Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran, dan Pelaporan.

“Kita ingin semua terintegrasi dimulai dari perencanaan sampai pelaporan, kemarin sudah mulai pengiputan data dimulai dari Musrenbang Kecamatan, Reses DPRD dan sekarang lagi menyusun Renja SKPD,” ungkapnya.

Tatu berharap, semua usulan di Musrenbang Kecamatan dapat terakomodir di Musrenbang Kabupaten namun dirinya mengungkapkan butuh perjuangan untuk mengakomodir itu karena anggaran yang terbatas.

“Saya menginginkan apa yang menjadi suara masyarakat di akomodir, minimal walau tidak terpenuhi tahun ini bisa menjadi waiting list untuk tahun mendatang,” pungkasnya.

Kegiatan Forum Gabungan Perangkat Kerja ini diikuti oleh seluruh Kepala Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Serang dan berlangsung dari tanggal 06 Maret -08 Maret 2017.(kie/Sinta).