Pemkot Bandung Akan Coba Menguji Bandung Smart Card, Pada Kalangan PNS

Koranbanten.com – Bandung Smart Card akan segera di resmikan oleh pemkot Bandung yang fungsinya sebagai kartu non tunai untuk berbagai transaksi warga. Sebelum dipergunakan secara luas oleh warga, smart card ini akan diujicoba terlebih dahulu oleh PNS di lingkungan Pemkot Bandung.

Hal ini disampaikan Sekda Kota Bandung Yossi Irianto dalam acara Seminar Kajian Efektivitas Penggunaan Non Cash Payment di Hotel Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Selasa (29/9/2015).

“Di tahun 2015 ini dalam rangka mendorong terwujudnya smart city kita akan mulai penerapan smart card. Bagaimana membayar berbagai transaksi tanpa uang tunai,”terang Yossi.

Sebelum dipergunaka lebih luas lagi, kabarnya pemkot Bandung mencoba terlebih dahulu dikalangan PNS di sejumlah SKPD.

“Pada bulan September sampai Oktober rencananya akan memulai penggunaan smart card ini dimulai dari lingkungan pemkot Bandung. Setelah itu, barulah penerapan smart card ini bisa meluas,”lengkapnya.

Keunggulannya dari kartu ini memungkinkan warga untuk bertransaksi tanpa menggunakan uang tunai untuk berbagai transaksi seperti membayar pajak, parkir, jalan tol dan berbelanja. Secara teknis kartu ini nantinya menjadi kartu deposit yang bisa diisi dengan jumlah yang diinginkan pengguna.

Sehingga pada akhirnya, warga tidak repot-repot lagi dalam mengeluarkan uangnya sehingga lebih aman, “kata Yossi.

Kabarnya,  smart card ini juga nantinya bisa digunakan untuk penyaluran bantuan dari Pemkot Bandung sehingga mencegah adanya kebocoran dan pungli.

Pemkot Bandung sudah melakukan MoU dengan Bank Indonesia yang akan saling berkoordinasi dengan bank-bank lainnya sebagai bagian dari mitra.

“Sehingga Smart card ini nantinya bisa digunakan oleh semua lapisan masyarakat,”pungkasnya.