Peningkatan Partisipasi Pemilih

koranbanten.com – Dalam rangka memberi kontribusi postitif dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari mendatang. Majelis Pengurus Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Orda Kota Cilegon, mengadakan silahtuhrahmi kerja satuan (Silaksat) dan seminar Nasional, dengan tema “Mengukur Demokrasi Dan Partisipasi Masyarakat Banten Dalam Mengikuti Pilkada Serentak 2017” di Aula Fakultas Teknik Untirta Cilegon, Kamis (02/02).

Turut hadir dalam acara tersebut, Iman Ariyadi Walikota Cilegon, Fakih usman Ketua Dprd Kota Cilegon, Saeful Bahri Komisioner KPU Provinsi Banten, Fatullah Ketua KPU Kota Cilegon, Ismatullah ketua ICMI Orda Kota Cilegon, beserta panita dan pengurus ICMI kota cilegon.

Dalam sambutannya Walikota Cilegon Iman Ariyadi menuturkan, Pemilihan kepala daerah secara langsung atau lazim disebut pilkada, tak hanya menjadi fenomena perintah undang-undang dasar, namun telah menjadi suatu kebutuhan bagi rakyat untuk mewujudkan pemerintahan lokal yang demokratis, berpihak pada masyarakat, aspiratif, dan memiliki legitimasi.
selain itu Ia mengungkapkan, bahwa sistem demokrasi adalah sistem yang terbaik yang menjadi kesepakatan kita untuk kesejahteraan masyarakat. Walau hari ini demokrasi menghadapi berbagai macam persoalan persoalan.

“Untuk dapat mensejahterakan masyarakat bukan hanya sistem demokrasinya saja, tapi dibutuhkan partisipasi masyarakat terutama partisipasi dalam memilih pemimpin yang akan menahkodai daerah tersebut. Semoga di pilkada 2017 nanti partisipasi masyarakat akan lebih meningkat dibanding pilkada 2015 lalu,” ujarnya.

Di akhir sambutannya Iman mengungkapkan, semoga ICMI semakin berkembang, memberikan kontribusi yang baik untuk perkembangan pembangunan Infrastruktur, dan karakter masyarakat, serta apa yang di cita-citakan bisa tercapai untuk semua kepentingan masyarakat Cilegon.

sementara itu, Ismatullah ketua ICMI Orda Kota Cilegon mengatakan, menjelang pilkada di Banten, pihaknya selalu mendukung program yang dicanangkan oleh Pemerintah Daerah terutama dalam meningkatkan partisipasi masyarakat. “Kami mempunyai target terus mensosialisasikan Pilkada pada Masyarakat agar tidak ada masyarakat yang golput,” ujarnya.

Lanjutnya, Partisipasi politik merupakan wujud pengejawantahan kedaulatan rakyat adalah suatu hal yang sangat fundamental dalam proses demokrasi. Ia memiliki makna yang sangat penting dalam bergeraknya roda dan sistem demokrasi. Apabila masyarakat, memiliki tingkat partisipasi yang tinggi, maka proses pembangunan politik akan berjalan dengan baik, sehingga akan sangat berarti pula terhadap perkembangan bangsa dan negara ini.

Masih di tempat yang sama, Saeful Bahri Komisioner KPU Provinsi Banten menuturkan, KPU merupakan lembaga yang terbuka, dimana semua pihak digandeng untuk bisa ikut berpartisipasi mensosialisasikan Pilkada kepada masyarakat.

“Setiap penyelenggaraan Pilkada baik itu pemilihan kepala daerah maupun pemiliha Presiden KPU selalu mengandeng ICMI untuk turut serta dalam sosialisasi dengan segmen pemilih cerdas,” ucapnya.

Diakhir ucapannya Saeful Bahri berharap ICMI bisa menjadi tim sukses untuk partisipasi pemilih di Cilegon. Acara tersebut ditutup dengan penyerahan cindera mata dari ICMI kepada Walikota Cilegon Iman Ariyadi. (dimas)