PLT GUBERNUR: “RAMADHAN SEBAGAI WAHANA PENGENDALIAN DIRI”

romadonSerang – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Banten Rano Karno mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menyatukan langkah dan terus memberdayakan umat agar menjadi lebih baik. Apalagi pada bulan Ramadhan ini, ketika semua hati sedang jernih, rasa solidaritas sosial sedang tinggi, rasa kasih sayang terhadap sesama juga sedang tumbuh, dan jarak dengan Allah SWT sedang semakin dekat, rasanya patutlah semua umat melipatgandakan upaya-upaya dalam pembinaan umat.

“Berkaitan dengan bulan suci Ramadhan ini, mari kita jadikan sebagai wahana pengendalian diri dan peningkatan kesadaran spiritual tentang makna kehadiran setiap diri kita dimuka bumi ini. Ibadah puasa ini melatih kita untuk menahan emosi dan perilaku negatif,” terang Plt Gubernur pada acara perdana Safari Ramadhan Pemprov Banten, di Yayasan Al Khairiyah Badamussalam, Kelurahan Sawah Luhur, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Senin (22/06).

Menurut Plt Gubernur, momentum Ramadhan harus dapat dimanfaatkan untuk semakin mewujudkan eksistensi keislaman yang memiliki prinsip dasar nilai dan jati diri yang kokoh, diantaranya mencerminkan sikap konsisten untuk menolak kekerasan, menghormati kemerdekaan dan kemajemukan, yang menjalin ukhuwah islamiyah serta mencerminkan islam sebagai rahmatan lil’alamin.

“Secara pribadi saya turut meyakini banyak hal yang akan diperoleh dari kegiatan Ramadhan ini, minimal pemaknaan kita terhadap rasa syukur yang sejatinya merupakan wujud dari keimanan seorang manusia,” ucapnya.

Berkaitan dengan safari Ramadhan, Plt Gubernur menjelaskan, kegiatan ini selain untuk menyemarakan syi’ar Islam dan syi’ar Ramadhan, tentu diharapkan dapat meningkatkan keyakinan dan keimanan kepada Allah SWT, dan bertujuan sebagai ajang silaturahmi dan memperkuat ukhuwah islamiyah antara Pemprov Banten dengan pemerintah kabupaten/kota, ulama dan masyarakat Banten. “Melalui kegiatan ini, tentunya kita dapat memetik pelajaran dan hikmah. Diantaranya adalah terciptanya hubungan yang harmonis antara ulama dan umaroh sehingga terciptanya kehidupan bermasyarakat yang dilandasi iman taqwa,” katanya.

Plt Gubernur melanjutkan, membangun Provinsi Banten tidak akan sepi dari tantangan, persoalan dan ujian yang berat. Oleh karena itu, diperlukan kesabaran, keteguhan hati serta semangat dan optimisme. Dan yang paling penting diperlukan persatuan dan kebersamaan masyarakat. “Untuk itulah saya berharap, seluruh pemangku kepentingan dapat tampil didepan untuk menjadi pelopor dan memberikan suri tauladan agar kita semua menjadi umat yang pandai bersyukur, memotivasi masyarakat luas untuk terus berkarya di bidangnya masing-masing,” harapnya.

“Saya juga mengajak kepada semua pihak untuk turut serta menyelesaikan berbagai persoalan dan tantangan yang dihadapi, serta terus melanjutkan pembangunan di daerahnya masing-masing,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Plt Gubernur memberikan bantuan sosial kepada masyarakat Banten, mulai dari bantuan pendidikan, bedah rumah, bantuan warga miskin, umroh gratis dan bantuan lainnya.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Pemprov Banten Deden Apriandhi menyebutkan, setelah di Kota Serang, hari selanjutnya safari Ramadhan akan digelar di Kabupaten Pandeglang, tepatnya di Ponpes Al-Falah Kecamatan Majasari dan Masjid Agung Ar-Rahman Pandeglang, Rabu (24/06). Di Kabupaten Serang, di Masjid Baitul Mu’minin Kecamatan Kramat Watu, Jumat (26/06). Sementara di Kota Cilegon Senin (29/06) digelar di Ponpes Al-Fath Link Kubang Menyawak Warnasari dan Link Delingseng Kebonsari, Kecamatan Citangkil.

Selanjutnya di Kabupaten Lebak digelar di Ponpes Manahidjas Sadat, Kecamatan Cibadak, Rabu (01/07). Di Kabupaten Tangerang, Rombongan akan menggelar safari Ramadhan di Masjid Al-Amjad, Jum’at (03/07). Di Kota Tangerang akan digelar di Ponpes Darul Hasan Cipondoh, Senin (06/07). Sementara di Kota Tangerang Selatan di gelar di Ponpes Jamiatul Khair Ciputat Timur, Rabu (08/07).

“Safari Ramadhan ditutup dengan peringatan Nuzulul Qur’an di Mesjid Raya Al-Bantani KP3B, Curug Kota Serang. Dilanjutkan dengan buka bersama dan tarawih dengan PNS dan Masyarakat,” katanya.

Menurutnya, kegiatan safari Ramadhan merupakan agenda rutin tahunan Pemprov Banten selama bulan Ramadhan yang diikuti oleh Plt Gubernur Banten Rano Karno dan Sekda Banten Kurdi Matin, dalam rangka mempererat silaturahim dengan masyarakat Banten.

“Selain silaturahim Pak Plt Gubernur dan Pak Sekda, beliau juga akan ditemani rombongan pejabat SKPD lingkungan Pemprov Banten dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Banten,” jelasnya. @