PLT GUBERNUR HADIRI PEMBUKAAN LKS SMK TINGKAT NASIONAL

lksTangerang – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini adalah sekolah pilihan yang tepat untuk meningkatkan kreatifitas dan inovasi sebagai calon tenaga kerja yang siap memasuki dunia kerja, ucap Plt Gubernur Banten saat menghadiri pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXIII dan Pameran Hasil Karya Siswa SMK 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang, Selasa,(09/06).


Dalam sambutannya Plt Gubernur mengatakan LKS ini bertujuan untuk memacu SMK – SMK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya, agar para siswa dan lulusannya mampu menembus dan berkiprah pada skala nasional bahkan global baik dalam rangka kompetensi maupun real sebagai calon tenaga kerja yang siap memasuki dunia kerja.

Plt Gubernur mengharapkan pelaksanaan LKS ini dapat melahirkan juara-juara yang berkompeten di bidangnya untuk bisa mewakili Indonesia pada ajang World Skill Competition Internasional dan Asean Skill Competition.

Untuk menjadi catatan bagi kita dan siswa SMK yaitu mengenai bahasa, untuk skill Indonesia diakui, untuk etos kerja Indonesia unggul namun kelemahannya anak-anak Indonesia kurang menguasai bahasa asing. Sekarang, kita kejar untuk memperbaiki itu semua, baik bahasa Inggris, Cina, Arab, Jepang dan Korea harus dijadikan tambahan kemampuan bagi anak-anak, karena kita harus siap bersaing dalam masyarakat ekonomi asean ini.

Panitia penyelenggara Mustabirin Amin mengatakan LKS ini sebagai ajang siswa-siswi Indonesia untuk berkreasi, berinovasi dan berkarya. Kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 08 s.d 13 Juni, yang terdiri dari 54 bidang lomba yang akan di ikuti oleh 34 kontingen dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, dengan jumlah peserta 1068 orang.

Tujuan dari LKS ini adalah untuk mempromosikan, mengembangkan kualitas kinerja siswa SMK dan meningkatkan citra SMK. Dan memacu SMK dalam meningkatkan kualitas dan hasil pembelajarannya guna meningkatkan kualitas generasi muda emas Indonesia yang terampil dan kompetitif.

Dirjen Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Ahmad Zazidi mengatakan kegiatan ini adalah salah satu kegiatan pemerintah dalam meningkatkan layanan mutu pendidikan SMK. Sehingga dengan kegiatan ini kita dapat menghasilkan manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing sehingga diharapkan menghasilkan kontribusi terhadap pembangunan dan berkompetensi di tingkat nasional maupun internasional.

Pendidikan di harapkan menghasilkan manusia yang mampu berkiprah dalam perekonmian bangsa dan mampu bersaing di dunia global khusunya pada masyarakat ekonomi asean.

Pendidikan SMK membekali peserta didik untuk memiliki kemampuan akademik sekaligus keterampilan teknis. Serta sikap budi pekerti yang mulia. SMK juga dimaksudkan untuk mengembangkan bakat dan kreativitas untuk mendukung kebangkitan dan pertumbuhan ekonomi nasional bagi kesejahteraan bangsa Indonesia.

Melalui LKS SMK ini diharapkan dapat memacu sekaligus meningkatkan daya saing generasi muda dalam meningkatkan karsa dan karya yang berkualitas. Semua itu diharapkan menjadi modal untuk membangun kreativitas dan inovasi dalam menghadapi persaingan global.

LKS SMK ini merupakan ajang kompetisi dimana para siswa dapat menunjukan kemampuan maksimalnya di bidang keahlian masing-masing. Kita berharap potensi mereka dapat dikembangkan dan membuka peluang untuk lebih berkreasi dan mengkolaborasi kemampuannya dalam penerapan di bidang akadamik, karakter yang berkompeten, yang mandiri, bertanggungjawab, kreatif, inovatif, jujur, ulet sekaligus menghargai sesama dan mempunyai jiwa kewirausahaan.

Kegiatan ini juga merupakan media yang memfasilitasi siswa dan siswi SMK dalam mengembangkan budaya pikir yang kritis dalam menghadapi perubahan jaman yang terus berkembang.