Presiden Jokowi: Dunia Berubah Secara Radikal

KORANBANTEN.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini membuka acara konferensi forum rektor Indonesia 2017. Acara ini diadakan di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan.

Dalam pembukaan acara ini, Jokowi banyak membahas mengenai maslah perekonomian selama hampir 30 menit. Jokowi pun mengingatkan mengenai perubahan dunia yang tidak menentu.

“Dunia berubah secara radikal kita semuanya merasakan dunia seakan-akan menjadi datar dan tanpa sekat tanpa batas, dan juga kompetisi global semakin keras makin sengit semua negara merasakan ini,” tutur Jokowi di Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (2/2/2017).

Menurut Jokowi, sumber daya manusia adalah salah satu kunci untuk memenangkan kompetisi. Untuk itu, butuh peran dari perguruan tinggi agar dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kualitas tenaga kerja di Indonesia.

“Dalam dunia seperti ini kunci untuk bertahan hidup, kunci untuk memenangkan kompetisi, kunci untuk memenangkan persaingan, kunci untuk mencapai kemajuan terletak pada kekuatan sumber daya manusia, karena itu kita harus berani melakukan lompatan lompatan dalam dunia pendidikan,” tuturnya.

Dengan begitu, perguruan tinggi dapat menjadi salah satu sumber penghasil SDM berkualitas di Indonesia. Ekonomi Indonesia pun diharapkan juga dapat tumbuh secara merata berkat peran dari perguruan tinggi.

“Sehingga lahir SDM-SDM lahir sumber daya manusia yang memiliki etos kerja yang tinggi, memiliki kreativitas yang tinggi memiliki inovasi yang tinggi, berani berkompetisi berani bersaing sekali di dunia yang sudah sangat terbuka saat ini,” tutupnya. @OPIK