Puskesmas Cibeber Gelar Lomba Balita Tingkat Kecamatan

Cilegon – Puskesmas Kecamatan Cibeber mengadakan Lomba Bayi dan Balita Sehat Indonesia tingkat kecamatan yang bertempat di Aula Puskesmas Cibeber dalam rangka menyambut Hari Kesehatan Nasional (HKN) pada tanggal 12 November 2017 mendatang, yang diadakan serentak seluruh Provinsi.

“Lomba ini adalah tahap awal untuk mencari Balita sehat yang nantinya akan dilombakan kembali ke tingkat yang lebih tinggi, mulai dari kecamatan, Kota, Provinsi dan ke tingkat Nasional,” Ujar Arief Dharma Hartana selaku Dokter muda saat ditemui diruanganya belum lama ini.

Dilanjutkan Arief, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kemandirian orang tua dan masyarakat dalam membina tumbuh kembang Balita dari segi fisik, mental dan sosial secara optimal, serta meningkatkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif stakholder dan masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan Balita di Kecamatan Cibeber.

“Jumlah peserta dalam kegiatan ini sekitar 40 balita,” Imbuh Arief.

Lanjutnya, anak harus dipersiapkan sejak dini agar kelak menjadi sumber daya manusia yang berkarakter kuat, mengusai ilmu pengetahuan dan teknologi, unggul berdaya saing dan menjadi agen perubahan di masa depan.

Agar anak usia dini tumbuh dan berkembang secara optimal maka pemenuhan gizi, perawatan dan pelayanan kesehatan, kasih sayang, perlindungan, stimulasi, penghargaan, dan penegakan norma-norma sosial dan agama (Asah, Asih, Asuh) harus diselenggarakan sedini mungkin.

“Sehingga periode seribu hari pertama kehidupan sangatlah penting. Periode 1000 hari pertama kehidupan yaitu 270 hari (9 bulan) pada masa kehamilan dan 730 hari (2 tahun) bayi dilahirkan merupakan periode sensitif karena akbiat yang ditimbulkan terhadap bayi pada masa ini akan bersifat permanen dan tidak dapat dikoreksi pertumbuhan fisik, perkembangan mental dan kecerdasannya. Sehingga penting bagi orang tua dan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dan wawasan bahwa kehamilan merupakan poin penting perhatian terhadap anak,” ungkapnya.

Arief tak mengucapkan terima kasih kepada pihak yang sudah membantu dalam kegiatan ini, mulai dari pihak swasta maupun pemerintah yang sudah berpartisipasi, seperti Rumah Sakit Kurnia, Bank BTN dan Kelurahan Cibeber. (Wisnu/Dimas)