Rencana KPK Selenggarakan Kelas Politik Mendapat Dukungan

KORANBANTEN.com – Rencana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan kelas politik di Provinsi Banten pada tanggal 5-9 September 2016 mendapat dukungan sejumlah kalangan dengan harapan terciptanya pemerintahan yang bersih bebas korupsi.
Tohuri guru SMK PGRI 4 kota Serang mengatakan kegiatan ini akan diharapkan dapat memberikan peluang kepada generasi muda berkarir di dunia politik melalui cara-cara yang benar agar nantinya menjadi pimpinan yang bersih dan bebas korupsi.
“Masyarakat saat ini sangat mendambakan pimpinan-pimpinan yang jujur mengemban amanah masyarakat yang telah memilihnya, serta tidak menyalahgunakan kekuasaannya untuk memperkaya dirinya melalui cara-cara yang merugikan negara,” ujar Tohuri.
Tohuri mengatakan kalau kelas politik itu benar memberikan pelatihan kepada pelajar dan mahasiswa yang merupakan calon pimpinan masa depan maka ini menjadi terobosan, karena banyak kasus korupsi terungkap melibatkan wakil-wakil rakyat di DPR dan DPRD.
“Kemungkinan kalau kelas politik ini dapat dilaksanakan lebih luas akan memperkecil tindak pidana korupsi ke depannya. Para calon pemimpin ini akan dididik dan dilatih konsekuensi kalau menjadi pemimpin yang korupsi,” ujar Tohuri.
Kelas politik ini menciptakan jiwa kepemimpinan dan pemahaman politik yang bebas dari korupsi dan mengerti bahwa politik ini bukan hanya untuk kepentingan sendiri, tetapi untuk kepentingan orang banyak, papar dia.
“Kelas politik ini sangat positif, karena program ini dapat mengundang kita sebagai peserta agar dapat menjadi bagian
gerakan membangun politik Indonesia yang cerdas berintegritas”Kata Dita Yulitya, Anggota OSIS SMKN 1 kota Serang.
Hanya sebagian orang saja yang betul-betul memahami tentang politik meskipun tidak menjadi politikus. Maka dengan diadakannya kelas politik, banyak masyarakat yang sangat setuju agar tidak ada lagi politikus yang melakukan tindak korupsi.
KPK mengadakan kelas politik dengan tujuan untuk memberi pengetahuan kepada orang-orang yang ingin berkarir di dunia politik. Sehingga orang-orang yang ingin berkarir dibidang politik akan lebih paham mengenai batasan-batasan saat menduduki suatu jabatan.
“Kelas politik ini cukup bagus untuk pembelajaran dan pemahaman tentang politik agar kita sebagai warga biasa tidak buta akan kepolitikan ataupun cara berpolitik didalam kepemerintahan ataupun kemasyarakatan.” ujar Iim Rohimah mahasiswa semester akhir di Universitas Ageng Tirtayasa kota Serang.
Kelas politik yang diadakan oleh KPK bisa menjadi pembelajaran terkait politik sehingga orang-orang yang ingin berkarir di dunia politik akan lebih memahami secara spesifik mengenai politik dan tentang ilmu-ilmu politik, ungkapnya.
Kelas politik yang diselenggarakan di kota Serang akan melibatkan pelajar tingkat SLTA dan mahasiswa. Diutamakan mereka yang saat ini aktif menjabat di organisasi sekolah atau fakultas. KPK akan melakukan seleksi memilih peserta kelas politik. @DF