Resep Membuat Beef Yakiniku Seenak di Restoran

KORANBANTEN.com – Beragam makanan khas Asia termasuk masakan Jepang banyak digemari di negeri ini. Banyak restoran yang menyajikan menu khas Jepang bertebaran, mulai dari warung pinggir jalan sampai di hotel berbintang. Salah satu menu yang jadi favorit banyak orang adalah Beef Yakiniku.

Menu ini hampir selalu ada di resto masakan Jepang. Di salah satu resto cepat saji, Beef Yakiniku sangat digemari dan dikenal karena dimasak memakai paprika hijau dan bawang bombay serta disajikan dengan salad.

Daging sapi yang digunakan juga empuk dan lezat. Buat yang menyukai masakan Jepang terutama Beef Yakiniku, sebenarnya tak harus menyantap di restoran. Karena sudah cukup banyak resep membuat kuliner yang satu ini dan caranya pun tak begitu sulit.

Resep yang dilansir dari resepkoki.co ini punya rasa yang tak jauh beda dengan Beef Yakiniku d resto cepat saji. Bahkan rasanya bisa disesuaikan dengan keinginan kamu dengan rasa yang sama enaknya.

Bahan yang disiapkan:

300 – 500 gram daging sapi has dalam (sirloin), diiris tipis-tipis
3 siung bawang putih diparut dan haluskan
1 buah bawang Bombay diiris memanjang
1 sdm minyak wijen
3 sdm kecap asin
1 sdt merica bubuk
1 sdm tepung maizena yang dicampur dengan sedikit air
3 sdm minyak goreng untuk menumis
2 – 3 sdm kecap manis (tergantung selera)
Jahe seukuran ibu jari, parut dan ambil airnya
Daun bawang dipotong panjang-panjang
Cabe merah dibuang isi dan diiris memanjang.

Cara membuatnya:

Cuci terlebih dahulu daging yang sudah diiris sampai bersih lalu letakkan ke dalam sebuah mangkuk yang cukup besar.

Masukkan bawang bombay, bawang putih, jahe, merica, kecap asin, minyak wijen, daun bawang dan juga cabe merah ke dalam daging di mangkok. Aduk terus sampai rata lalu diamkan selama 15 – 30 menit.

Panaskan minyak, tumis daging sapi. Saat hampir matang, masukkan cabe atau paprika dan juga bawang Bombay. Aduk sesekali sampai daging matang.

Tambahkan kecap manis dan aduk lagi.

Tuangkan tepung maizena yang sudah dicampur air, aduk sampai sausnya mengental. Setelah matang, angkat dan sajikan bersama nasi putih.

Tips:

– Untuk yang tidak menyukai rasa pedas, bisa mengganti cabe merah dengan paprika merah untuk membuat warna menjadi lebih menarik dan merekah.
– Kalau kamu ingin menyajikan masakan ini untuk anak-anak, khususnya yang berumur di bawah 5 tahun, bisa mengganti daging sapi dengan daging cincang.
– Agar bisa menyajikan rasa yang lebih melekat, kita bisa mendiamkan daging bersama dengan bumbu semalaman supaya esok harinya bumbu sudah menempel dan rasanya akan sangat lezat.
– Saat memasukkan paprika atau cabe dan bawang Bombay jangan bersamaan dengan daging sapi, karena keduanya akan terlalu lembek saat dagingnya matang. @DF