Ribuan Pesilat Ikuti Pawai Raya Pencak di Yogyakarta

silatRibuan pesilat dari berbagai perguruan di Indonesia hari ini tumpah ruah di Malioboro, Yogyakarta, Minggu (31/5/2015). Mereka mengikuti Pawai Raya Pencak yang merupakan salah satu rangkaian Jambore Pencak 2015 di Yogyakarta.

Acara pertemuan ratusan perguruan silat seluruh nusantara digelar di Yogyakarta selama empat hari sejak tanggal 28-31 Mei 2015. Pawai Raya Pencak ini merupakan puncak acara Jambore Pencak 2015. Ini merupakan acara yang keempat yang digelar setiap tahun oleh anggota Paseduluran Angkringan Silat Yogyakarta.

Selama mengikuti pawai di jantung pusat kota Yogyakarta, para pesilat dari berbagai perguruan itu unjuk kebolehan. Saat atraksi para pengunjung langsung memberikan aplaus tepuk tangan ketika mereka menampilkan berbagai jurus silat. Selain itu mereka juga melakukan atraksi jurus-jurus silat menggunakan berbagai senjata tajam seperti pedang, belati, golok, ruyung hingga mematahkan besi pompa air.

Di panggung kehormatan yang ada di titik nol kilometer, mereka juga unjuk kebolehan di hadapan tamu undangan.

“Ini salah satu kegiatan pelestarian pencak silat sebagai seni tradisi bela diri Indonesia,” ungkap salah satu panitia Yossi Pudyono kepada wartawan.

Selain itu kata Yossi, para pendekar silat dari berbagai perguruan itu juga berbagi ilmu terutama dalam acara workshop pencak silat. “Pawai ini juga jadi suguhan pariwisata yang menarik di Yogyakarta,” katanya.

Beberapa perguruan silat yang ikut pawai diantaranya Tapak Suci, Perisai Sakti Mataram, Wahyu Sejati, Satria Nusantarra, Setia Hati, Cepedi, Perisai Diri, Kera Saksi, Perpi Harimurti, Tenaga Dasar Indonesia, Bayu Suci Malang, Pagar Nusa Kartasura, Persinas ASAD, KPSN Muntilan, Cakra V, Garis Paksi, Maenpo, Gerak Gulung Budi Daya, Cimande, Cikalong, Komunitas Pesilat Jawa Timur, gerak Gulung budi Daya, Sanggar Terazam Jakarta, Beksi Kong Noer, Mutiara Betawi, Silat Betawi Gerak Rasa Sikilat, Getar Sukma, Laskar Bekasi dan lain-lain.

sumber : detik.com