Rilis Kegiatan Banten Book Fair 2016

koranbanten.com – Dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional ke – 36 tanggal 17 Mei 1980 yang bertepatan dengan berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten menyelenggarakan Banten Book Fair 2016 yang bertemakan “Banten Book Fair sebagai Sarana Edukasi, Informasi dan Rekreasi menuju Banten Gemar Membaca”. Tema ini diambil dengan maksud dan tujuan agar perpustakaan semakin diminati masyarakat, perpustakaan bukan lagi tempat yang membosankan (monoton), senada dengan fungsi perpustakaan itu sendiri ialah sebagai fungsi edukasi, informasi dan rekreasi. Selain itu kegiatan ini diharapkan agar minat budaya baca semakin meningkat, dengan adanya pameran buku murah ini masyarakat dapat memilih buku – buku variatif yang dibutuhkan dengan harga yang terjangkau.

Pameran buku ini melibatkan 25 penerbit yang familiar dan popular bagi masyarakat seperti : Mizan, Republika, Kelompok Agromedia,  Gramedia, Erlangga, penerbit lokal Sengpho dan lain – lain. Buku-buku yang disediakan mulai dari buku-buku anak, remaja, umum, penunjang pendidikan dan perkuliahan. Disamping pameran buku-buku murah, Banten Book Fair 2016 ini terdapat juga didalamnya kegiatan – kegiatan menarik yang menunjang daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke Banten Book Fair 2016 ataupun berkunjung ke perpustakaan. Kegiatan tersebut meliputi Roadshow Gemar Membaca dan Talkshow terkait perpustakaan  dan minat baca yang rencana akan dihadiri oleh Duta Baca Nasional Najwa Shihab, Aris Merdeka Sirait dan Pidi Baiq.  Bedah Buku “Ayat –ayat Cinta 2” dengan Narasumber penulis buku (novel) itu sendiri yaitu Habiburrahman El-Shirazy, Bedah Buku “Syam’un : Asal Muasal Lailatul Qadr” oleh Rully Ferdiyansah, serta Bedah Buku “Bai’at Cinta di Tanah Baduy” oleh Uten Sutendi. Terdapat berbagai macam perlombaan juga dalam rangkaian acara tersebut, antara lain: Lomba Mewarnai tingkat TK, Menggambar tingkat SD, Menulis Surat untuk Presiden tingkat SD, Lomba Bercerita tingkat SMP dan Fashion Show. Selain itu juga Bengkel Penulisan untuk siswa/i SMA/SMK/MA dan Mahasiswa serta program Share Book dan wakaf buku sebagai upaya pengembangan koleksi perpustakaan.

Banten Book Fair akan diselenggarakan bertepatan dengan Peringatan Hari Buku Nasional, pada tanggal 17 Mei – 23 Mei 2016, pukul 08.00 – 09.00 bertempat di halaman Gedung Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten yang beralamat di Jalan Raya Jakarta – Serang KM. 4. Pakupatan, Kota Serang – Banten (depan terminal Pakupatan Serang).

Diharapkan dengan adanya Banten Book Fair yang pertama kali diselenggarakan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Banten, dapat menambah kecintaan masyarakat akan buku, perpustakaan dan pengembangan minat baca menuju masyarakat Banten Gemar Membaca. Selamat Hari Buku Nasional!!! Bravo Perpustakaan, Bravo BPAD Provinsi Banten!!! @Aang