SBY Beri Kuliah Umum di Universitas Terbuka

KORANBANTEN.com – Presiden Ke-6 Republik Indonesia (RI) Susilo Bambang Yudhoyono memberikan kuliah umum kepada 1.350 calon wisudawan Universitas Terbuka (UT) yang akan diwisuda Selasa (6/12). Tema wisuda yang diangkat UT adalah “Menjaga Integritas Bangsa dan Keutuhan NKRI”, sedangkan tema yang dibawakan SBY adalah “Patriotisme Indonesia Abad XXI”.

SBY yang didampingi Ibu Ani Yudhoyono tiba tepat pukul 9.10 WIB yang disambut dengan tepuk tangan meriah oleh para calon wisudawan.

SBY menyampaikan terima kasih telah diundang untuk berpartisipasi dalam membangun bangsa. “Terima kasih Bu Rektor , telah mengundang saya untuk berbagi dalam membangun hari esok yang lebih baik dan pilihan tema Patriotisme Indonesia Abad XXI  ini sangat relevan tepat waktu dan penting. Saya mohon kesabaran semoga mendengar pidato ini tidak membosankan,” kata SBY di Universitas Terbuka, Tangerang, Banten, Senin (5/12).

Sementara itu, Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada SBY dan Ibu Ani yang mau menyempatkan diri menghadiri undangan UT.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Presiden Ke-6 RI Bapak Susilo Bambang Yudhoyono beserta istri, Ibu Ani yang di tengah kesibukannya sudah bisa hadir di sini memenuhi undangan UT. Sekali lagi kami bersyukur Pak SBY berkenan hadir. Karena tema yang diangkat UT kali ini sangat tepat menghadirkan Bapak sebagai narasumber untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa kami,” kata Tian.

Tian mengatakan, SBY pada masa kepemerintahan sangat peduli pada pendidikan. Hal itu tercermin dari terbitnya UU Guru dan Dosen pada 2005 dan juga program sertifikasi guru.

Selain itu, SBY juga sangat berperan karena memperkenankan istrinya, Ani Yudhoyono, untuk menempuh pendidikan di Universitas Terbuka.

Menanggapi hal itu, SBY mengaku ikut belajar dari UT secara tidak langsung. Ia mengaku membaca buku-buku diktat Ibu Ani saat sang istri sedang memasak.

“Benar, ketika Ibu Ani mendampingi saya, kami berkunjung ke beberapa negara, ngobrol dengan ibu-ibu. Mereka juga belajar di UT, jadi saya terima kasih pada UT sudah membantu mencerdaskan anak bangsa,” ujarnya. @DF