Selamat Mudik, Tarif Tol Turun 35 Persen

bumnMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno membeberkan kesiapan anak buahnya di perusahaan pelat merah jelang lebaran. Seluruh moda transportasi BUMN, baik darat, laut udara dan kereta api sudah melakukan persiapan, salah satunya dengan menambah armadanya.

“KAI tambah 15 gerbong, pesawat juga ada kenaikan dan tambahan Garuda 15 persen, Citilink 18 persen, Pelni sudah sepenuhnya akan beroperasi, ASDP dan Damri juga sudah siap,” beber Rini di rumah dinasnya, Jalan Widya Chandra, Jakarta, Sabtu (20/6) malam.

Dengan segala persiapan yang dilakukan tersebut, Rini yakin masyarakat bisa pulang ke kampung halamannya tanpa rasa khawatir tidak kebagian tiket. Di samping itu kabar gembira lainnya masyarakat yang melewati jalur darat, tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membayar tol.

Pasalnya, Presiden Joko Widodo (Widodo) meminta penurunan tarif tol selama mudik Lebaran. Upaya tersebut sekaligus diharapkan bisa menurunkan harga logistik jelang Lebaran.

“Juga ada program untuk pulang melalui tol, presiden sudah mengumumkan biaya tol H-10 dan H+10 akan turun 35 persen. Ini tentu juga dapat mengurangi biaya logistik untuk barang dan makanan. Karena bulan puasa banyak barang lalu lalang melalui tol,” katanya.