Sensor Fingerprint Bakal Gantikan Tombol Home

KORANBANTEN.com – Salah satu rumor yang mencuat mengatakan bahwa iPhone 8 akan melepas tombol home di perangkatnya. Jika rumor ini sesuai dengan ekspektasi, maka di mana Apple akan menempatkan sensor sidik jarinya?

Beberapa spekulasi juga muncul dan mengatakan bahwa sensor akan ditempatkan di bawah kaca layar. Dilansir Ubergizmo, Rabu (14/12/2016), Synaptics baru-baru ini mengumumkan bahwa sensor sidik jari baru mampu melakukan pemindaian melalui layar kaca.

Ini berarti, sensor akan terlindung dari goresan. Sensor juga tahan air sehingga memungkinkan pengguna mengoperasikan sensor meskipun dengan jari yang basah. Pengembangan fitur ini tentu akan disambut baik pengguna mengingat sensor sidik jari tak akrab dengan air.

Synaptics belum mengungkapkan secara resmi untuk siapa mereka memasok komponen ini. Diketahui bahwa Apple menjadi salah satu perusahaan yang disuplai Synaptics. Namun perusahaan menyuplai driver layar LCD, bukan komponen ID sentuh. Tak ada kejelasan resmi apakah Apple juga akan menggunakan sensor teknologi baru dari Synaptics.

Meskipun akhirnya mereka tak join, teknologi sensor baru Synaptics akan menjadi petunjuk desain ponsel masa depan. Sebelumnya, Qualcomm lebih dulu merilis teknologi yang sama dengan versinya sendiri. Namun belum banyak perangkat yang mengadopsi teknologi ini. @DF