Siswa SMP Palangka Raya Lulus 100 Persen

siswaTingkat kelulusan siswa di seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 100 persen.

“Alhamdulillah berdasarkan laporan yang kami terima, di seluruh SMP yang ada di Palangka Raya, semua lulus 100 persen,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PMPKLK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palangka Raya, Mimi Noryani di Palangka Raya, Rabu (10/6).

Dengan begitu, seluruh siswa dapat langsung mendaftar dan melanjutkan ke SMA atau sekolah sederajat. Berdasarkan data sebelumnya, jumlah peserta yang terdaftar mengikuti ujian akhir tingkat SMP sederajat sebanyak 4.370 siswa.

“Namun untuk data terkini, data dibawa kepala seksi,” kata Mimi.

Ia menerangkan yang menentukan kelulusan siswa SMP bukan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, tetapi kewenangan seluruhnya ada pada pihak sekolah yang bersangkutan.

“Saat ini Ujian Nasional bukan lagi menjadi penentu kelulusan tetapi hanya sebagai salah indikator saja. Kewenangan sepenuhnya ada di tangan sekolah tetapi hasilnya nanti yang akan menjadi pertimbangan bagi sekolah SMA saat penerimaan siswa baru,” kata dia.

Ia mengatakan, selanjutnya pada 15 Juni hingga 26 Juli seluruh sekolah di wilayah itu akan diliburkan. Untuk itu pihaknya telah memberikan surat edaran pada sekolah-sekolah di Palangka Raya.

“Kita akan libur panjang itu karena berkenaan libur akhir masa ajaran, libur bulan puasa dan libur lebaran. Untuk sekolah swasta diperbolehkan ada kebijakan tersendiri yang penting selama satu tahun masa efektif pelajaran ialah minimal 200 hari dan maksimal 245 hari,” katanya.

sumber : republika.com