SMA Negeri 1 Cikande Sekolah Berkarakter

koranbanten.com-SMA Negeri  1 Cikande terus berbenah, masyarakat merespon positif. SMAN 1 Cikande terus melakukan berbagai upaya guna mewujudkan visinya yaitu mewujudkan warga sekolah yang beraqwa, cerdas, terampil dan berkarakter. Adanya visi ini, seperti yang tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) merumuskan fungsi dan tujuan pendidikan nasional yang harus digunakan dalam mengembangkan upaya pendidikan di Indonesia. Pasal 3 UU Sisdiknas menyebutkan,  “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Kepala  SMAN 1 Cikande, Mulyadi mengatakan, sekolah yang dipimpinnya saat ini terus melakukan pembenahan di segala bidang, dan mewujudkan  sekolah berkarakter. “Untuk itu kami ingin merubah karakter para siswa di sini agar memilki budi pekerti, rasa sopan santun yang tinggi, beragama, dan berimtaq,” kata Mulyadi di Ruang kerjanya belum lama ini.

Lanjutnya, untuk dapat dengan membentuk siswa sesuai dengan tujuan pendidikan karakter bangsa, harus didukung dari semua pihak. “Pendidikan karakter  adalah usaha sekolah yang dilakukan secara bersama oleh guru dan pimpinan sekolah melalui semua mata pelajaran dan kegiatan lain di luar mata pelajaran untuk mengembangkan watak tabiat, akhlak, atau kepribadian peserta didik melalui internalisasi yang kita yakini SERTA peserta didik sebagai landasan untuk cara pandang berpikir, bersikap dan bertindak yang menunjukan kemuliaaanya,” ujar Mulyadi.

Oleh sebab itu, pihaknya terus berupaya menjadikan para siswa agar lebih baik, tidak hanya dalam prestasi tetapi juga dalam akhlak dan budi pekerti.

SMAN 1 Cikande juga  melengkapi sarana prasana yang ada, hal ini bertujuan guna mendukung terselenggaranya kegiatan belajar mengajar yang lancar dan nyaman. Yaitu dengan telah dilengkapinya sarana belajar seperti Ruang Multi media, Perpustakaan, Sarana Olahraga, Laboratoium Fisika, Biologi, Komputer,  Ruang Kesenian, Mushola  serta sarana lainnya. ”Diharapkan dengan telah dilengkapinya sarana belajar yang ada di sekolah, dapat memberikan motivasi belajar kepada para siswa,” ungkap Mulyadi