Stabilisasi Harga Pangan, Pemkab Lebak Bersama Bulog Gelar Operasi Pasar

Koranbanten.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak bekerjasama dengan Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divre Lebak-Pandeglang menggelar Operasi Pasar (OP) murah di Alun-alun Rangkasbitung, Jumat (19/01/2018)

Kepala Seksi (Kasi) Pengadaan dan Penyaluran pada Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Disperindagpas) Kabupaten Lebak, Ihda Thifla Bayiza mengatakan, operasi pasar bertujuan untuk menstabilisasi harga pangan yang saat ini mengalami kenaikan dipasaran.

“Kami jual beras, minyak, daging dan gula dibawah harga pasaran,” ujar Ihda kepada wartawan.

Dijelaskan Ihda, untuk harga beras premium Rp 50 ribu hingga Rp.60 ribu setiap 5 kilogram (kg), minyak Rp11 hingga 12 ribu/liter, daging senilai Rp80 ribu/kilogram dan gula pasir Rp12 ribu/kilogram.

“Kami sediakan beras Super dan Premium, minyak 2 merk, daging dan gula pasir. Kami akan bantu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” ucapnya.

Masih kata Ihda, saat ini untuk operasi pasar hanya dilaksanakan di satu titik saja, namun tidak menutup kemungkinan kedepannya akan ada OP lanjutan.

“Kalau butuh OP untuk stabilisasi harga pangan, silahkan pihak kecamatan mengajukan permohonan, maka kami gelar OP,” terangnya..

Dari pantauan dilapangan, meski diguyur hujan, OP yang dimulai pukul 09.00 WIB langsung didatangi puluhan Ibu Rumah Tangga (IRT).

Sementara itu, salah seorang ibu rumah tangga asal Rangkasbitung, Hindun mengatakan, dengan adanya OP sedikit bisa membantu pengeluaran keuangan untuk memenuhi kebutuhan pangan, karena kondisi harga pangan dipasaran sedang mengalami kenaikan.

“Ya Alhamdulillah, adanya OP bisa sedikit membantu memperkecil pengeluaran keuangan untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga di rumah,” katanya. [ajat]