Tak Hanya Smartphone, Kulkas Juga Disemati Fitur Sentuh

KORANBANTEN.com – Layar sentuh identik dengan perangkat smartphone atau perangkat mobile. Semakin ke depan, teknologi ini dikembangkan untuk dapat dipakai pada perangkat elektronik rumahan.

Salah satunya LG, yang menciptakan kulkas yang dapat menerima perintah pengguna melalui sentuhan. Kulkas terbaru ini memiliki bagian yang dinamakan instaview (transparan). Saat diketuk, maka lampu dalam kulkas akan menyala tanpa harus membuka pintunya.

Kulkas tersebut bagian dari tiga perangkat baru yang akan dirilis di Indonesia pada 2017. Kulkas ini memiliki teknologi inverter linier compressor yang dipakai pada kulkas premium, LG Signature.

Untuk pasar Indonesia, kulkas dengan teknologi inverter linier compressor akan dirancang dalam varian side by side dan top freezer. Penggunaan teknologi ini diklaim bisa menghemat listrik dan membuat suhu dingin yang stabil sehingga kesegaran makanan tetap terjaga.

Untuk kulkas varian side by side, pengguna bisa memanfaatkan instaview untuk melihat isi kulkas tanpa harus membuka pintunya dan tentunya dapat mengurangi hilangnya suhu.

Sedangkan kulkas top freezer akan dilengkapi dengan sistem door-cooling, sehingga menghasilkan dingin yang konsisten dan dapat mengontrol suhu. Tambahan, fitur multi air flow juga memungkinkan kulkas top freezer menghasilkan dingin secara sempurna.

Kulkas top freezer juga akan dilengkapi dengan teknologi Hygiene Fresh+ yang dapat membasmi bakteri, virus, jamur, dan bau tidak sedap di dalam kulkas.

“Hygiene Fresh+ tadinya juga hanya terdapat di kulkas kelas premium tetapi di 2017 akan dipasang di semua kulkas,” kata Manager Home Appliance & Air Conditioning Asia for Refrigator, Young Taek-Ha saat bertemu dengan sejumlah wartawan dari Indonesia di Twin Tower LG di Seoul.

Sementara Sharp, produsen asal Jepang ini juga menggelontorkan perangkat kulkas yang tidak kalah canggih. Sharp KIREI II dengan ukuran 1 pintu menawarkan Freezer Room serta teknologi Semi Automatic Defrost System yang mampu meluruhkan bunga es sehingga mudah pada saat proses pembersihan.

Perusahaan juga memiliki standara Japan Quality 7 Shields. 7 Shields Protection ini merupakan standard uji kualitas dari Jepang yang diklaim sangat ketat. Perlindungan 7 Shields untuk produk lemari es ini meliputi perlindungan terhadap kebakaran, transportasi, cedera, tegangan rendah, tersetrum, stabilitas, dan pemborosan listrik. @DF