Tanda Kebangkitan Ponsel Android Nokia

KORANBANTEN.com – Sejak smartphone dengan sistem operasi Android mulai populer, keperkasaan Nokia sebagai penguasa ponsel saat itu kian tergerus. Akuisisi oleh Microsoft pun rupanya tak dapat memberikan andil besar.

Kini, setelah dijual oleh Microsoft kepada HMD Global, kebangkitan ponsel Nokia perlahan terkuak melalui beberapa bocoran. Sebagaimana dikutip dari Phone Arena, Jumat (25/11/2016), Nokia kabarnya tengah mempersiapkan sebuah smartphone flagship.

Smartphone dengan ukuran 5,5 atau 5,2 inci tersebut direncanakan tampil di gelaran Mobile World Congress (MWC) pada Februari 2017. Bentang layarnya telah mendukung resolusi tinggi quad-HD 2.560 x 1.440 piksel.

Informasi yang didapat dari situs China menyatakan ponsel Nokia terbaru akan menggunakan Prosesor Qualcomm Snapdragon 820. Sementara bagian luarnya akan terlindungi material berbahan logam.

Dari segi kamera, Nokia masih akan menggunakan teknologi Carl Zeiss dan ketahanan terhadap air.

Selain dari kelas atas, Nokia juga tampaknya akan memperkenalkan ponsel di kasta terbawah yakni Pixel. Meski belum diketahui kebenaran penamaan tersebut, ponsel ini dikatakan membawa CPU Snapdragon 200.

Terdapat pula sistem pengisian cepat dan kapasitas RAM yang mencapai 1 GB. Beruntungnya, Nokia Pixel kabarnya akan menjalankan sistem operasi Android Nougat 7.0.1.

Pada September 2016, Nokia juga dirumorkan memiliki D1C yang berada di kelas menengah. Ponsel ini memiliki RAM 3 GB, Prosesor Snapdragon 430 berjumlah 8 inti, serta sistem operasi Android Nougat.

Guna mengetahui kebenaran kebangkitan ponsel Nokia ini, terlebih dahulu harus menunggu pernyataan resmi dari pihak perusahaan, atau mengetahuinya melalui MWC 2017. @DF