Tanjung Lesung Harus Segera Dirancang

Banten memiliki kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata Tanjung Lesung. Kawasan ini memang harus dirancang sesegera mungkin sebelum terlambat untuk mengembangkannya.

Hal itu disampaikan Cagub Banten, Rano Karno ketika berbincang soal pariwisata Rabu (2/11/2016). Menurut Rano, sejak menjadi KEK, pembangunan pariwisata digeber terus supaya bias selesai sesuai target.

“Tanjung Lesung kalau nggak dikonsep sekarang, akan terlambat. Kalau cruise itu nanti masuk, harus sudah dipikirkan mau ada atraksi apa di Tanjung Lesung,” kata Rano.

Update terakhir, menurut Rano sudah banyak investor masuk. Bandara Panimbang di Tanjung Lesung sudah dalam perencanaan. Pelindo II akan membangun pelabuhan dan grup hotel besar sudah masuk. “Nah kalau homestay, itu ada di luar kawasan Tanjung Lesung. Itu ada di Sawarna,” kata dia.

Tanjung Lesung juga akan dimeriahkan dengan Festival Pesona Bahari Tanjung Lesung 2016 pada 18-20 November 2016. Selebihnya, proses edukasi masyarakat yang menurut Rano Karno ini penting agar mereka menjadi sadar wisata.

“Sadar wisata dan edukasi lewat berita itu saya rasa perlu. Daerah Lebak juga mesti bikin SMK Pariwisata. Sekarang Jumat sampai Minggu, Tanjung Lesung sudah padat, senang saya,” tutupnya.