Tax Amnesty Berakhir, Banyak IPO Bermunculan di BEI

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal memaparkan hari buruh atau yang dikenal juga dengan May Day bukan hari libur untuk buruh. Meskipun ditetapkan sebagai hari libur nasional, May Day adalah kesempatan bagi buruh untuk menyampaikan aspirasinya.

Dia mengatakan, saat May Day seluruh buruh di Indonesia akan turun ke jalan untuk menyampaikan tuntutan mereka. May Day, dikatakan olehnya, sudah ada sejak dulu dan bukan hanya di Indonesia saja. Di seluruh dunia pun buruh memperingati May Day.

“Karena memang banyak hal pendorong di samping situasi ekonomi cukup baik, beberapa hal dari sisi transparansi perpajakan juga sudah selesai terkait pelaksanaan tax amnesty. Saya kira beberapa perusahaan mereka jadi nyaman IPO karena sudah menyelesaikan persoalan terkait tax amnesty,” terangnya di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (28/4/2017).

Empat emiten yang resmi tercatat pada kuartal I ini antaranya, PT Nusantara Pelabuhan Handal Tbk (PORT) yang resmi melantai pada Kamis 16 Maret 2017 disusul dengan PT Bintraco Dharma Tbk (CARS) pada 10 April 2017.

Sedangkan hari ini, tercatat dua emiten yang resmi melantai di pasar modal secara bersamaan, yaitu PT Forza Land Indonesia Tbk (FORZ) dan PT Sanurhasta Mitra Tbk (MINA).

Sementara emiten lainnya diyakini akan menyusul pada akhir semester I 2017. Terdapat nama perusahaan maskapai penerbangan PT Sriwijaya Air dalam pipeline IPO. Tak ketinggalan, anak usaha BUMN gencar dikabarkan akan menjaring modal di bursa efek tahun ini.

“(Anak BUMN) Masih mungkin dipersiapkan, mereka sudah rencana 2017, rasanya tidak meleset. Karena mungkin separuhnya kalau memang tidak ada halangan apa-apa di perusahaan BUMN maupun Kementerian BUMN,” pungkasnya. @OPIK