Terlalu Murah, Harga Susu Sapi Perah RI Kalah dari Vietnam dan China

KORANBANTEN.com – Harga susu sapi segar saat ini dinilai relatif masih cukup rendah dibandingkan dengan harga di negara lain seperti China dan Vietnam. Pasalnya, harga yang ideal untuk susu sapi perah di Rp7.000 per liter.

Ketua Asosiasi Peternak Sapi Perah Indonesia (APSPI) Agus Warsito mengatakan, saat ini harga susu di China Rp7.330 per liter dan di Vietnam Rp8.172 per liter, sementara di Indonesia sendiri harganya masih Rp4.500 per liter. Hal itu dinilai masih belum mampu membuat peternakan sapi perah yang didominasi oleh peternak rakyat mendapatkan kesejahteraan.

“Jadi kenapa tidak ada upaya dari pemerintah untuk memberikan keberpihakan kepada peternak dalam negeri untuk bisa mengembangkan usahanya,” ujar Agus, Jakarta, Selasa, (8/11/2016).

Dirinya mengatakan, kondisi tersebut membuat peternak lokal pasrah. Apalagi, pabrik pengelola susu justru memanfaatkannya. Sebab pihak pabrik bisa membeli dengan harga murah sehingga mendapatkan keuntungan lebih banyak.

“Kalau dasarnya itu (harga saat ini) ga akan berkembang. Karena kalau itung-itungan secara usaha itu nggak menguntungkan. Kalau untung pasti banyak yang berlomba-lomba untuk membuka peternakan sapi perah,” tegasnya. @DF