Tingkatkan Keterampilan Hadapi MEA

Koranbanten.com – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon memberikan keterampilan kepada para pencari kerja mengingat mulai masuknya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan lowongan-lowongan diperusahaan yang sangat terbatas.

“Kita akan adakan pelatihan yang sifatnya untuk usaha, namanya Pelatihan Usaha Mandiri. Pelatihan ini secara fleksibel kita akan membina dan memberi keterampilan sesuai dengan potensi apa yang rame di pasar saat ini,” ungkap Kepala Bidang pelatihan dan penempatan tenaga kerja Disnaker Kota Cilegon Muhibin yang ditemui di ruang kerjannya. Selasa (12/01).

Muhibin mengatakan, Pelatihan Usaha Mandiri ini adalah menekatkan masyarakat untuk berwirausaha. Bisa menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat lain, menurunkan angka pengangguran di Kota Cilegon dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama dalam pemenuhan kebutuhan hidup.

“Masuknya MEA juga menambah persaingan untuk masyarakat yang belum bekerja maka dari itu Disnaker Kota Cilegon memberi pembekalan, pelatihan dan ketrampilan di setiap kelurahan di Kota Cilegon guna menyiapkan skill untuk para pencari kerja,” ujar Muhibin.

“Kita memberi pelatihan security, nge-las, sepeda motor, IT, menyiapkan SDM dan kita juga menyelenggarakan Jobfair untuk lowongan dalam negeri setiap tahunnya,” tambahnya.

Dijelaskan Muhibin untuk sosialisai Disnaker tidak tanggung-tanggung dalam menyampaikan program ini dengan berbagai macam cara. “Untuk Pelatihan Usaha Mandiri kita sosialisasi langsung ke kecamatan- kecamatan, kita juga lewat media sosial, radio, website,” ungkapnya.

Dikatakan Muhibin untuk pelatihan ini daftarnya bisa langsung ke kantor, bisa juga lewat facebook, selain itu untuk persyaratannya KTP Cilegon dan ijazah.

“Untuk para masyarakat juga kami menghimbau dalam menghadapi MEA, harus mempersiapkan skill, kemampuan dan keterampilan. Walaupun kita sudah mendorong dorong untuk mengikuti pembekalan tapi kalau masyarakatnya tidak ada kemauan susah nantinya hasilya juga akan berbeda. Harus menumbuhkan motivasi dalam dirinya dan meningkatkan kemampuan keterampilan dan skill,” harapnya.(tanti)