Tips agar Smartphone Tidak Cepat Panas

Smartphone saat ini sudah seperti bagian yang tidak terpisahkan oleh kehidupan masyarakat. Pasalnya, saat ini kian banyak hal yang dapat dilakukan hanya dengan satu perangkat saja.

Namun hal-hal tersebut juga akan membebani kinerja ponsel sehingga tidak jarang ponsel akan menjadi cepat panas. Untuk mengatasi hal ini, caranya cukup mudah dan berikut ini rangkuman beberapa tips agar ponsel Anda tidak cepat panas dari berbagai sumber.

Memeriksa Kondisi Baterai

Baterai merupakan komponen utama dalam sebuah ponsel agar ponsel itu dapat menyala. Sehingga memeriksa kondisi baterai ini adalah hal utama untuk memeriksa panas yang dikeluarkan oleh ponsel itu wajar atau tidak.

Hapus Aplikasi Boros RAM

Aplikasi yang ada di smartphone umumnya memang memakan cukup banyak RAM ponsel. Namun Anda dapat menghapus aplikasi-aplikasi yang kira-kira tidak terlalu terpakai untuk meringankan kinerja RAM sehingga ponsel tidak menjadi cepat panas.

Jangan Membuka Banyak Aplikasi

Banyaknya aplikasi yang dibuka dalam waktu bersamaan ini adalah hal utama yang memberatkan kinerja RAM, terutama jika kita membuka banyak aplikasi yang memang memakan banyak RAM. Sebaiknya buka aplikasi seperlunya saja dan tutup aplikasi lainnya jika sedang tidak digunakan.

Jauhkan Ponsel dari Panas

Ponsel akan menjadi jauh lebih cepat panas jika kita menggunakannya di kondisi yang memang panas, contohnya saat kita berada di bawah sinar matahari yang cukup terik. Panas matahari tersebut akan terserap oleh ponsel dan membuat ponsel menjadi panas.

Pastikan Sinyal Stabil

Sinyal yang tidak stabil akan membuat ponsel bekerja lebih keras dalam mencari sinyal. Hal ini akan membuat komponen di dalam ponsel bekerja lebih banyak sehingga suhu panas akan terasa pada ponsel.

Gunakan Charger Original

Terakhir, selalu gunakan charger original yang sudah diberikan saat membeli ponsel baru karena itu merupakan charger terbaik yang dapat Anda pakai. Usahakan jangan menggunakan ponsel saat sedang di-charge atau yang lebih baik lagi adalah dengan membiarkan ponsel di-charge dalam posisi mati. @OPIK/OKEZONE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *