Tips Atasi Koneksi WiFi yang Lemot

Terkadang pengguna menemukan koneksi internet yang lambat saat memanfaatkan WiFi. Tips berikut ini diharapkan dapat mengatasi hal tersebut, seperti dikutip dari Makeuseof.

Kebanyakan orang kerap meremehkan posisi router, namun sebenarnya ini bisa memengaruhi jaringan wifi. Oleh sebab itu, penting bagi pengguna untuk memilih tempat yang bagus untuk router wifi. Bahkan pergeseran kecil dalam posisi bisa berakhir menjadi perbedaan koneksi ketika siang dan malam hari.

Untuk itu, cara terbaik yang bisa dicoba adalah menempatkan router dekat dengan perangkat Anda. Selain itu, bisa juga menempatkan router di dekat pusat rumah Anda. Namun, jika router sangat lemah atau rumah sangat besar, maka kemungkinan Anda perlu meningkatkan jangkauan gelombang wifi dengan menggunakan extender wifi atau repeater.

Wireless Interferensi dan Noise

Anda mungkin belum pernah melihat, tetapi ada sinyal wireless di sekitar Anda dan mereka melewatinya melalui perangkat elektronik, router wifi, satelit, menara sel, dan banyak lagi. Desainer informasi Richard Vijgen membuat “The Architecture of Radio” tersedia di iOS dan Android yang menggunakan informasi publik pada satelit dan menara seluler, bersama dengan informasi wifi untuk membuat peta sinyal tak terlihat di sekitar Anda.

Meksipun wifi seharusnya berada pada frekuensi yang berbeda dengan sebagian besar perangkat ini, jumlah suara radio masih bisa menyebabkan gangguan. Beberapa penyebab umum yakni Microwaves, Bluetooth Devices, dan lampu. Oleh sebab itu, jauhi perangkat tersebut dari router wifi Anda.

Tetangga

Tak dimungkiri sekarang ini setiap rumah tangga memiliki jaringan wifi sendiri yang bisa menyebabkan masalah karena saluran tumpang tindih. Hal ini bisa agak bermasalah dalam townhouse, tapi bermasalah terutama di kompleks perumahan dan apartemen yang nantinya akan ada banyak router dalam waktu dekat. @OPIK