Tontowi/Liliyana Maju ke Perempatfinal

Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menjadi wakil Indonesia pertama yang maju ke perempatfinal All England 2017. Unggulan kedua di nomor ganda campuran itu lolos setelah menundukkan pasangan Jerman.

Tontowi/Liliyana tak menemui hambatan berarti untuk mengatasi perlawanan Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich pada pertandingan babak kedua di Barclaycard Arena, Birmingham, Kamis (9/3/2017). Mereka menang dua game langsung 21-12 dan 21-13 dalam waktu 29 menit.

“Kami bermain cukup bagus dari awal. Kami terus menekan dan strategi kami juga bisa langsung diterapkan,” kata Tontowi kepadabadmintonindonesia.org.

“Penampilan kami hari ini lebih baik dari kemarin, tapi besok harus semakin baik lagi. Besok lawannya lebih berat dari ini, tapi kami tetap optimis,” tambah Liliyana.

Lawan yang akan dihadapi Tontowi/Liliyana di perempatfinal adalah wakil tuan rumah, Chris Adcock/Gabrielle Adcock. Kedua pasangan telah 13 kali bertemu dan Tontowi/Liliyana sejauh ini masih unggul 9-4.

“Kami sudah sering ketemu dengan mereka. Skor pertemuan juga kami masih memimpin. Tapi kami nggak mau lengah, anggap masih kosong-kosong. Karena sebagai tuan rumah mereka akan tampil lebih percaya diri. Skill mereka juga pasti bertambah,” ungkap Liliyana.

Tontowi/Liliyana memang harus mewaspadai ketangguhan Adcock/Adcock. Pasalnya, mereka dihentikan pasangan suami istri itu di perempatfinal All England tahun lalu.

Sementara itu, dari nomor ganda putri, wakil Indonesia habis setelah Greysia Polii/Rizki Amelia Pradipta dan Anggia Shitta Awanda/Apriani Rahayu tersingkir.

Greysia/Rizki dikalahkan unggulan kedelapan asal Jepang, Naoko Fukuman/Kurumi Yonao, dengan skor 22-24 dan 8-21. Sementara Anggia/Apriani harus mengakui keunggulan Shiho Tanaka/Koharu Yonemoto dengan skor 21-14, 13-21, dan 11-21. @opik