Turis Korea Selatan Gemar Berwisata ke Tanjung Lesung

tanjungTak hanya turis dari Tiongkok yang gemar berlibur di pantai dan mencari pemandangan laut yang apik di Indonesia. Turis Korea Selatan pun sama.

Baru-baru ini artis Korea Selatan Lee Jong Hyun berlibur ke kawasan wisata Tanjung Lesung. “Kemarin artis Korea, Lee Jong Hyun saja ke sini,” kata Aliya, salah satu pihak dari Jababeka Tanjung Lesung.

Dari 30 persen wisatawan mancanegara yang berkunjung ke kawasan ini, orang Korea memang terlihat paling banyak. “Mereka senang pantai. Mereka cari golf juga sama water sport,” ujar Aliya.

Ia mengatakan salah satu area di Tanjung Lesung, bernama Bluefish adalah kepunyaan orang Inggris. Jadi banyak wisatawan mancanegara yang datang berkat sang pemilik mengundang mereka.

Kawasan Tanjung Lesung sebenarnya merupakan area wisata yang cukup lengkap. Ada penginapan sekelas vila dan resort, beragam olahraga air, sampai wisata ke Gunung Krakatau pun ada.

Namun, jaraknya yang sangat jauh dari ibu kota menjadi salah satu alasan mengapa kawasan ini kurang berkembang. Bagaimana tidak, Anda harus menempuh perjalanan 6-7 jam dengan menggunakan mobil pribadi.

Sebab belum ada bus atau transportasi umum atau semacamnya yang bisa menjangkau area ini. Belum lagi di beberapa titik jalannya tidak bagus. Kontur jalannya pun naik turun meski tak ekstrem.

Tapi, inilah yang sedang dibenahi oleh pemerintah dan pihak terkait. Lagi pula Tanjung Lesung sudah dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang salah satu sektor andalannya pariwisata. Sehingga pembenahan Wisata Tanjung Lesung di sana-sini haruslah segera dilakukan.

“Sekarang public transport yang nyaman belum ada tapi kami sudah usulkan kerjasama dengan beberapa rental car atau bus kalau ada permintaan jumlah banyak, bisa disuplai,” kata Senior Event Manager PT Banten West Java Tourism Development, Hanrina Isneningsih.

Bahkan ke depan rencananya akan dibangun jalan tol menuju kawasan ini. Akan ada pula shuttle boat dari Anyer hingga ke Tanjung Lesung. Rencananya, realisasinya, tinggal tunggu saja. @