UKW PWI Tangsel Angkatan X 2017 : Meningkatkan Profesionalitas Insan Pers Pengawal Demokrasi

Koranbanten.com-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Tangerang Selatan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan ke X, Sabtu (6/5-2017) di Resto BuPe, Serpong Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

UKW di Kota Tangsel ini ke dua kalinya dilakukan, karena biasanya UKW tersebut dilaksanakan di tingkat provinsi dengan dihadiri langsung oleh penguji nasional dari Dewan Pers.WhatsApp Image 2017-05-06 at 16.23.05(1)

Ketua PWI Tangsel, Junaidi, mengungkapkan, kesiapan PWI Tangsel menggelar UKW, setelah mendapatkan kepercayaan dari PWI Provinsi Banten dalam menghelat rangkaian kegiatan untuk menghatarkan para wartawan mendapatkan pengakuan profesionalismenya.

“Peserta UKW yang ikut sebanyak 35 orang terdiri para wartawan baik media cetak dan elektronik untuk mengikuti tiga kategori jenjang uji yakni muda, madya dan utama,” katanya.

Dijelaskan Junaidi, tujuan UKW adalah untuk menyadarkan bahwa tugas wartawan adalah tugas mulia yang diatur dalam undang-udang pers tahun 1999 di dalamnya ada kode etik jurnalistik.

“Wartawan bertugas tidak semena-mena karena ada aturannya. Profesionalisme harus dikedepankan agar tetap mampu menjaga ideologi dan memiliki kapabilitas sebagai insan pers sang pengawal demokrasi,” tuturnya.WhatsApp Image 2017-05-06 at 16.23.05

Sementara itu, diterangkan Ketua PWI Provinsi Banten, Firdaus, UKW merupakan bagian dari proses pendidikan. “Selain itu UKW memiiliki tujuan untuk memantapkan profesionalitas, wawasan dan etika wartawan dalam melaksanakan kerja jurnalistik,” terang Firdaus.

Lebih lanjut Firdaus menambahkan, wujud kompetensi wartawan dapat dilihat dari keterampilannya, misalnya dalam kualitas menulis berita dari sudut pandang bahasa, dan kedalaman isi berita yang bermuatan pengetahuan.(kie/pan).