Untirta Rebut Juara Pertama Kategori Urban Ethanol KMHE 2016

koranbanten.com- Tim Cula Satu Banten dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa meraih juara pertama kategori urban kelas ethanol pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2016 di Prambanan,  Yogyakarta 1-4 November 2016.

 

KMHE sendiri adalah event yang diselenggarakan oleh DIKTI dalam skala nasional, tiap tahunnya yang  memperlombakan mobil kreasi mahasiswa dari berbagai lembaga pendidikan tinggi. KMHE berorientasi pada efisiensi energi dari mobil rancangan mahasiswa hasil pengaplikasian ilmu yang diterima selama kuliah. Perlombaan dibagi menjadi dua kategori berdasarkan target perancangan, yaitu Prototype dan Urban.Mobil dalam kompetisi KMHE dibagi berdasarkan macam bahan bakar yang digunakan, di antaranya Gasoline, Diesel,Listrik, dan Etanol.

 

Dosen Pembimbing 1 Ipick Setiawan, kepada koranbanten.com, menyatakan bangga atas torehan prestasi yang diraih anak didiknya. “Alhamdulillah kami juara 1 urban Ethanol, ini sebuah prestasi dan kebanggaan bagi kami,  jurusan, universitas, dan juga Banten,” ujar Ipick.

 

Kedepan Ipick berharap, KMHE 2017 Untirta dapat meraih lebih banyak juara lagi, kalau bisa juara umun.  “Ya tahun depan kita berharap lebih lagi,  bukan hanya 1 tim yg juara,  tapi 3 atau 4 tim kita juara.  Biar sekalian kita rebut juara umumnya, ” pungkas Ipick kepada koranbanten.com.

 

Untuk diketahui, dalam  kontes ini, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengirim 3 tim delegasi peserta,  yaitu urban ethnol,  prototipe ethanol,  dan urban diesel.  Namun tim urban diesel gagal lolos seleksi design report sehingga tidak bisa mengikuti 2 tim lainnya yang lolos ke tahap selanjutnya. Sedangkan tim Cula Satu Untirta Prototype ethanol hanya mampu berada di posisi ke-4 dengan nilai 124, 045 Km/liter di bawah ITB,  UNBRAW,  dan UMM.

 

Berikut hasil lengkap KMHE 2016.

 

Kategori FDR AWARD diraih oleh  Bumi Siliwangi – Universitas Pendidikan Indonesia, Sadewa – Universitas Indonesia, Bengawan Team – Universitas Negeri Sebelas Maret.

Sedangkan dalam class Proto Bensin, para juaranya terdiri dari, Nakula – Universitas Indonesia,Batavia – Universitas Negeri Jakarta.

 

Semenara dari class Proto diesel, tampil apate – Universitas Brawijaya, Semar – Universitas Gadjah Mada.

 

Tak ketinggalan dalam class Proto Etanol, beberapa juaranya yaitu, Rakata Etanol – Institut Teknologi Bandung, Majapahit Mileage – Universitas Brawijaya.

 

Selanjutnya dalam plasa Proto listrik, yang tampil.sebagai juara diantaranya,Batavia Electra – Universitas Negeri Jakarta, Apate 2 – Universitas Brawijaya

 

Selain itu, dalam.class.urban Bensin, Sadewa – Universitas Indonesia, team 3  Institut Teknologi Sepuluh November.

 

Dalam class selanjutnya yaitu urban diesel beberapa juaranya yaitu, Team 2 – Institut Teknologi Sepuluh November, Bengawan – Universitas Negeri Sebelas Maret.

 

Untuk selanjutnya dalam class Urban Etanol, juara berhasil diraih oleh Cula Satu Banten – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Antawirya – Universitas Diponegoro.

Terakhir dalam class Urban Listrik, berhasil diraih oleh Bumi Siliwangi 4 – Universitas Pendidikan Indonesia, Nogogeni – Institut Teknologi Sepuluh November.

Dalam KMHE 2016 kali ini, tampil sebagai juara umum yaitu  Universitas Indonesia,

Best Team diraih Universitas Pendidikan Indonesia dan Best Video oleh Universitas Gadjah Mada.

 

@opan